25 Desember 2008

Kontes Durian Jember - Kabar Bagus buat Penikmat Durian

BY Nunung Indrianto IN 8 comments

Disarikan dari wawancara penulis dengan Ir Doddy dari Tim Teknis Dinas Pertanian Jember untuk Suwarsuwirdotcom (yang akan launch beberapa waktu lagi).

Buat para pencinta durian, ini berita yang sangat ditunggu-tunggu. Pada bulan-bulan Februari-Maret 2009 yang akan datang, di Jember akan diadakan Kontes Durian Jember. Kenapa berita ini menyenangkan, karena pada even tersebut dibutuhkan para sukarelawan untuk ‘menghabiskan’ (baca: makan) durian-durian peserta kontes, wah wah wah! Maksudnya adalah pada criteria lomba/kontes Mutu, durian-durian ini akan ditimbang bobot dan mutu. Dari segi mutu, durian peserta akan dinilai rasa, kadar gula dan alkoholnya. Ini tentunya para juri yang akan banyak berperan. Sedangkan dari segi bobot, durian peserta akan ditimbang bobot rendemen atau daging buahnya. Caranya dengan menghitung selisih berat total (kulit, daging buah/rendemen dan biji) dengan berat kulit dan bijinya. Jadi prakteknya, durian-durian ini setelah ditimbang berat awalnya, akan dihabiskan dagingnya, tentunya dimakan, hingga menyisakan bijinya saja. Nah, dari sini, kulit dan bijinya akan ditimbang. Setelah itu barulah dihitung selisih antara berat awalnya dengan berat biji dan kulit. Maka dari itu, kontes yang diadakan pertama kalinya pada tanggal 5-6 Maret 2008 kemaren, sebenarnya membutuhkan sukarelawan-sukarelawan penikmat durian untuk melahap habis durian-durian peserta. Dan jelas, ini gratis bung.. weleh, weleh…weleh…

Selain itu, untuk ke depannya, Dinas Pertanian Jember akan menggalang dibentuknya semacam ‘cagar varietas’ untuk jenis-jenis durian Jember seperti Durian Kasur, Durian Kemanten, dan Durian Siplotan (plotan=ketan). Jika di Brunei ada Durian Sekayam, dari Thailand ada Durian Montong, kenapa dari negeri ini tidak dimunculkan durian yang bermutu juga?Cak Dody berargumentasi serius. Nantinya, sambung Cak Dody, durian Jember ini akan ditawarkan menjadi komoditas unggul nasional yang bisa dipamerkan di Taman Bunga/Buah Mekarsari Bogor. Untuk tahun 2009 besok, kontes durian Jember tetap diadakan di desa Sumber Jambe, sekitar bulan Februari atau Maret. Jadi bersiap-siaplah dari sekarang, hehehe. Buat para penikmat durian, sekarang di Jember sudah musim durian lo..silakan saja mencari di desa-desa Mayang, Silo, Rembangan/ Patrang Atas, Jelbuk atau desa Arjasa. Selain itu durian yang sedang panen juga bisa ditemui di Sukorambi dan sekitarnya. Biasanya nih, kalau saat panen seperti sekarang ini kita bisa memborong durian dengan harga yang murah banget. Nggak percaya….datang aja sendiri ke desa-desa tersebut. Ayok serbu Jember….ayok makan durian….nyam, nyam….nyaman onggu….

8 komentar:

  1. astagifirullah, tidak ada kata2 yg bs terucap selain.....
    I Love Duriaaaaannnnnnnnnnnn
    Oh My God....

    well, mksh y udah mampir ke blogQ
    salam kenal

    -sarahtidaksendiri.wordpress.com-

    BalasHapus
  2. Oh my Gosh......durian...jack fruit....sukaaaaaaaa.....tapi enggak demen...kalo dikasih gratis diterima 2 tangan....kalo dikirim ke surabaya, anna mengucapkan TERIMA KASIH.......

    kapan mas mau deliver duren ke rumahku...xexexexexex...piss ah bro....

    BalasHapus
  3. duhh..aku ngiler mas,,ces..ces..ces..

    andai kau membelikanku tiket pesawat aku pasti segera meluncur menyerbu durian itu..hhheee
    tp sayang ,saat ini ku hnya bisa menelan ludah...

    *mode ngenes on*

    BalasHapus
  4. klo masalah durian itu bagian aku , palin suka durian aku, kan ada tuch lagunya juga belah durian, he..he

    BalasHapus
  5. wah, jadi laper. lemparen dari situ mas duriannya, 1 aja :D

    BalasHapus
  6. Waaaaaa....minta satu mas,hihihihi

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !