22 Desember 2008

Blogger Jember = Suwar-Suwir, jajanan manis khas Jember

BY Nunung Indrianto IN 6 comments




Satu kebanggaan ketika saya harus menceritakan kepada teman2 di perantauan adalah suwar-suwir asli Jember. Nah! Kenapa bangga?Hmm. Ternyata kota Jember memiliki jajanan khas yang tidak pernah ditemukan di kota lain. Yakin. Sama seperti Bakpia Jogja. Kan khas banget. Cuma bedanya Bakpia lebih populer karena tentu saja ada faktor Jogja-nya. Sedangkan Jember?Wah..kadang-kadang ada saja loh, yang tidak tau persis dimana kota Jember. Apalagi suwar-suwir dan jajanan khas lain-nya. Tapi, saya bangga dong, membawa suwar-suwir dan mengenalkannya ke teman-teman dari Jakarta, Bandung, Padang, dan kota-kota dari lain propinsi. Meskipun nih, ada yang 'agak alergi' dengan rasa manis-manis legit gitu. Tapi tetap saja mereka menanyakan, jangan lupa suwar-suwirnya, ya...kalo pas saya mau mudik.


Anehnya, kita-kita yang di Jember amat dan sangat jarang sekali ditemukan, jajanan khas suwar-suwir di rumah. Jarang juga kita menyuguhkan jajanan ini kepada tamu atau kerabat dari kota lain yang kebetulan berkunjung. Kok bisa?Sepertinya ini memang ciri dari sebuah jajanan khas. Seperti saya waktu 'terdampar' di Bandung. Saya kok jarang menjumpai suguhan seperti dodol Garut ditaruh ditoples atau mangkok di ruang tamu. Mungkin nasib jajajan khas ini memang harus dibawa dan dibungkus untuk dinikmati di kota lain. Apa kalo dimakan di kota sendiri kurang afdol ya? 


Buat yang belum ngeh, ini saya kasih gambar suwar-suwir dan sedikit pembuatannya. Kue ini rasanya manis dengan aroma aslinya aroma tape singkong. Namun belakangan, banyak modifikasi aroma, seperti aroma durian, sirsak atau coklat. Cara pembuatan suwar-suwir ini terbuat dari tape singkong yang dipadatkan kemudian dibentuk kotak-kotak persegi dan dibungkus plastik atau kertas minyak. Mirip dodol Garut atau dodol Bandung. Pas dinikmati kapan saja. 24 jam nonstop (hehehe..). Sambil minum teh sore atau kopi panas. Jika belum ngeh juga apa itu suwar-suwir, monggo, silakan datang, tahunbaruan di Jember...buat yang lagi merantau...oleh-oleh jajan suwar suwir adalah wajib hukumnya...

6 komentar:

  1. pertamax -----
    absen absen bos

    BalasHapus
  2. Suwar suwir suwar suwir..pesan jajan khas jembernya mas..!!
    aku tunggu yachh ..udh 5 thn nih gk makan suwar suwir..

    BalasHapus
  3. oh kayak gitu toh......kek permen

    BalasHapus
  4. di jember juga ada bakpia glenmore yang lagi trends dan terkenal di jember. mungkin teman-teman bisa mencobanya.setahu saya enak juga, bisa jadi ciri khas oleh-oleh jember

    BalasHapus
  5. mas bukannya suwar suwir dari tape busuk yang dipress-kan... ngomong-ngomong alamatnya dimana ni saya juga orang Jember :) salam kenal

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !