30 April 2009

Kapan Indonesia bebas Korupsi

BY Nunung Indrianto IN 1 comment

Pertanyan pada judul postingan ini sama hanya dengan bertanya, kapan prostitusi bisa dihapuskan? Atau kapan perjudian akan bisa dilenyapkan? Malahan bisa saja seperti pertanyaan kapan semua menjadi baek?
Ada cerita menarik soal ini.

Suatu serita sufi tentang teori kebutuhan berkisah seperti ini:
Nasrudin berbincang-bincang dengan hakim kota. Hakim kota, seperti umumnya cendekiawan masa itu, sering berpikir hanya dari satu sisi saja. Hakim memulai,

"Seandainya saja, setiap orang mau mematuhi hukum dan etika, ..."
Nasrudin menukas, "Bukan manusia yang harus mematuhi hukum, tetapi justru hukum lah yang harus disesuaikan dengan kemanusiaan."

Hakim mencoba bertaktik, "Tapi coba kita lihat cendekiawan seperti Anda. Kalau Anda memiliki pilihan: kekayaan atau kebijaksanaan, mana yang akan dipilih?"
Nasrudin menjawab seketika, "Tentu, saya memilih kekayaan."
Hakim membalas sinis, "Memalukan. Anda adalah cendekiawan yang diakui masyarakat. Dan Anda memilih kekayaan daripada kebijaksanaan?"
Nasrudin balik bertanya, "Kalau pilihan Anda sendiri?"
Hakim menjawab tegas, "Tentu, saya memilih kebijaksanaan."
Dan Nasrudin menutup, "Terbukti, semua orang memilih untuk memperoleh apa yang belum dimilikinya.

Dari kisah ini bisa dong digambarkan, kapan korupsi bisa terhapuskan? Itu akan terjadi jika orang sudah tidak membutuhkan kebenaran. Karena kebenaran sudah dimiliki oleh semua orang. Dan kapan itu terjadi? Wallahu a'lam....

(Nasrudin adalah seorang sufi yang hidup di kawasan sekitar Turki pada abad-abad kekhalifahan Islam hingga penaklukan Bangsa Mongol. Sewaktu masih sangat muda, Nasrudin selalu membuat ulah yang menarik bagi teman-temannya, sehingga mereka sering lalai akan pelajaran sekolah. Maka gurunya yang bijak bernubuwat: "Kelak, ketika engkau sudah dewasa, engkau akan menjadi orang yang bijak. Tetapi, sebijak apa pun kata-katamu, orang-orang akan menertawaimu." )

1 komentar:

  1. korupsi udah ada dari zaman antah-berantah
    kita cuma bisa berutopia aja
    ga korupsi mulai dari diri sendiri

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !