30 April 2009

Kelebihan Facebook

BY Nunung Indrianto IN No comments

Kelebihan Facebook

Apa sih kelebihan Facebook? Jika Anda sering online, tentu sudah tahu, saat ini jejaring sosial yang lagi "in" adalah facebook. Hampir semua orang saat ini memiliki account facebook. Untuk saat ini , Facebook telah memiliki jumlah keanggotaan lebih dari 64 juta anggota aktif. Jumlah tersebut merupakan yang paling banyak diantara situs-situs web lain yang bergerak di bidang sekolah/perguruan tinggi di dunia. Dalam tempo 1 tahun, peringkat Facebook naik dari 60 menjadi poringkat 7 sebagai website yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Sedangkan sebagai situs foto, Facebook telah melampaui Flickr dengan jumlah foto 8,5 juta foto setiap harinya. Menurut info, para pengguna di amrik and eropa sana udah pada pindah ke facebook. Sedangkan Friendster hanya diramaikan oleh orang Indonesia, Brunei, Malaysia, Philipina, Singapura (baca:Cuma Asean). Sekali lagi, apa ya kelebihan Facebook itu?

Facebook pertama didirikan pada tahun 2004 oleh seorang Mahasiswa Harvard University yang bernama Mark Zuckerberg. Pada awal pembuatannya, facebook ini dibuat hanya untuk kalangan terbatas yaitu untuk mahasiswa Harvard. Itu saja kelebihan Facebook waktu itu. Namun sekarang facebook telah dibuka keanggotaanya untuk umum. Mark yang memang hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asramanya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua mingguan. Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya-Bill Gates-memilih drop out untuk menyeriusi situsnya itu. Bersama tiga rekannya-andre McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes-Mark kemudian membuka keanggotaan Facebook untuk umum. Dan sekarang Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai orang terkaya ke 4 versi majalah Forbes. Kekayaannya disebutkan 'hanya' 1,5 miliar dolar AS (Rp 13,6 triliun). Namun Zuckerberg baru berusia 23 tahun

Beberapa keunggulan atau kelebihan facebook:
1.Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
2.No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3.Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4.Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5.Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
6.Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7.Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
8.Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9.Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10.Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11.Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12.Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
13.Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga Surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.
14.Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
15.Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung.

Sumber dari :
http://kiki-aria.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !