04 Mei 2009

Antara Domain Forged dan Domain Valid

BY Nunung Indrianto IN , 2 comments


Pengalaman berburu domain untuk saya mainkan di bisnis Paid Review ternyata menarik untuk saya bagi. Beberapa teman senior bilang, beli yang forged saja, katanya nanti setelah ada update PR, bisa jadi valid PR-ya. Tapi ada juga yang bilang, lebih baik beli domain PR valid. Karena bisa langsung didaftarkan di broker PaidReview.

Tetapi ada yang bilang lagi...gak masalah, mau yang domain Forged atau domain Valid. Karena untuk jangka panjang, bagaimanapun kita harus membuat PR kita valid. Jika sekedar untuk mendaftar ke broker Paid Review, mungkin saja bisa, namun kalau kita tidak 'merawat blog' kita dengan baik, tentu, ada kemungkinan PRnya menjadi turun bahkan Nol atau bisa-bisa: not available (N/A). Karena di dalam bisnis Paid Review yang menjadi faktor penentu ramai tidaknya dan besar kecilnya job adalah bukan hanya PageRank, tetapi di sana ada jumlah visitor, Alexa Rank, backlink (tingkat popularity), ranking di Technorati dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya, terserah Anda. Mau pilih mana, domain Valid atau Forged. Jika ingin langsung bergerak bermain bisnis PTR, ya lebih baik yang Valid saja. Tetapi jika sudah mendekati masa-masa update PR dari Google, saya kira beli yang domain Forged juga asyik. Katakanlah, beli di pertengahan bulan Juni ntar..kemudian kita permak lagi dari soal content sampai kita cari backlinknya serta asah lagi SEOnya..mungkin harapan untuk turun-turun jauh PRnya kecil. Artinya PR domain menjadi Valid meskipun turun sedikit, misal dari PR5 menjadi 3, saya kira oke-oke saja. Syukur2 jika bisa bertahan. Yang jelas domain Forged jelas lebih murah dibanding ama yang Valid. Karena biasanya yang Valid ini banyak peminatnya, yang akhirnya harga menjadi melonjak...

Kalau saya pribadi, karena saya tidak begitu canggih soal per-SEO-an dan teknik mendatangkan visitor...saya hanya mampu beli domain Valid yang berPR-3 atau 4. Kemudian saya isi postingan dan edit scripting htmlnya dalam rangka optimisasi SEO, barulah saya mendaftar. Dari pengalaman saya, jika PR valid yang kita daftarkan, sehari atau 2 hari kemudian datang job dari Blogsvertise.com. Nilainya biasanya minimal 7,5 hingga 10 dolar. Sebagai awalan, saya kira...alhamdulillah..Nah, ayok kita berburu domain sekarang!

2 komentar:

  1. wah bagus banget ulasannya, aku juga pengin spt sampean. mau tanya ya... gmn cara menjaga agar PR tetap gak turun, terus utk PTR harus di blog berbhs inggris? (maaf msh baru pengin nyoba cari duit lewat blog tapi msh bingung contentnya. tks yaa.. jwbnnya

    BalasHapus
  2. @purwy : upaya PR gak turun setelah beli domain, langsung genjot cari backlink dan isi postingan sebanyak2nya (kata senior)....bahasa Inggris diutamakan..yg nerima bhs indonesia kayaknya cuman blogsvertise doank..thanks 4 comment.

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !