02 Juni 2009

TIPS MENINGKATKAN VISITOR BLOG

BY Nunung Indrianto IN , 12 comments


Tips atau cara meningkatkan visitor blog tentu sudah banyak yang tahu. Karena para master telah banyak menulisnya. Akan tetapi saya juga ingin membaginya untuk teman-teman yang baru dalam dunia blog dan ingin menambahkan jumlah pengunjung blog-nya. Sebenarnya, apa ada rahasia dalam ilmu blogging terutama cara untuk meningkatkan jumlah visitor blog?

Bicara soal rahasia, tentu kita penasaran, bagaimana sebenarnya cara untuk meningkatkan jumlah visitor blog kita? Sebelum dilanjutkan ke rahasia ini, saya akan bertanya, kenapa kita ingin blog kita ramai pengunjungnya? Karena eh karena...ibarat kita membuat toko atau galerry kan? Sederhana saja, toko itu akan semakin bernilai apabila pengunjung toko itu semakin hari, semakin ramai. Artinya, semakin banyak pengunjung, maka peluang untuk barang-barang yang dijual akan banyak yang laku, tentu semakin besar.
Nah dalam dunia blog, analoginya mirip dengan toko di atas. Cuman bedanya di blog tidak perlu kita jaga setiap saat, dan apabila kita tidak terkoneksi dengan internt, maka pengunjung masih bisa datang ke blog kita. kecuali server hostingan yang down atau malah disconnnected, nah, kalau sudah begini tentu blog kita tidak bisa didatangi. Tapi itu jarang terjadi.
Kembali ke soal tips. Cara-cara ini bisa dilakukan agar blog kita meningkat jumlah visitornya.

1. Gunakan kata kunci yang menarik, yang lagi trend atau yang agak kontroversial, tapi jangan nye-pam atau penggunaan kata kunci yang terlalu sering.
2. Sering blogwalking atau jalan-jalan mengunjungi blog lain, dan meninggalkan komentar dengan nama dan alamat blognya, atau cukup dengan mengisi shoutbox.
3. Rajin men-submit ke social bookmarking seperti Mybloglog.com, Blogcatalog.com. Facebook, Technorati dan Stumbleupon. Lainnya masih banyak. Tapi 5 itu yang wajib.
4. Gunakan judul yang tidak terlalu panjang. Kemudian ulangi judul itu di 200 kata pertama dalam isi artikel.
5. Update blog setiap hari dengan artikel baru. INI HARUS.
6. Belajar SEO (Search Engine Optimization)
7. Sering bertanya pada para senior. Jangan malu atau takut. Kalau tidak dijawab, bukannya mereka sombong atau pelit. Biasanya sih waktunya tidak pas. Siapa tau, beliau-beliau sedang sibuk dengan bisnisnya yang udah menghasilkan ribuan dolar per bulannya.
8. Promos off-line dan on-line.. Promosi online seperti disebutkan nomor 3, tetapi bisa ditambahkan melalui jalur lain seperti youtube.com atau yang lainnya. Promosi off-lain misalkan kita bikin sticker, kemudian kita pasang di kaca mobil atau di body motor kita. Tentunya dengan desain yang eye-catching kan? Atau dengan perbicaraan dari mulut ke mulut...misalnya...eh di blogku ada berita terbaru dari si anu loh...ada fotonya juga loh.
9. Cantumkan alamat blog kita ke signature e-mail kita. Kemudian ikulah atau bergabunglah di mailinglist.

12 komentar:

  1. Pertamx nih sob,
    sip bro. gw juga lagi ngjar target nih. masih harus kerja keras ngurus blog gw. matur nuwun sanget infonya (terima kasih banyak infonya) jawa made=on.

    BalasHapus
  2. thank for about all
    aq lg belajar n selalu mencari tip & trik yang baru

    BalasHapus
  3. tips nya bagus nih.. thanks bro

    BalasHapus
  4. wah tips yang bermanfaat nih dari blog rame.. hehehehe...

    BalasHapus
  5. sebagai pembelajaran...lumyanlah..tanks tipsnya

    BalasHapus
  6. ane suka tips kaya gini membimbing dengan baik dan benar coba dulu ya mas

    BalasHapus
  7. jaln ke blog aq jg y>>>>>>

    BalasHapus
  8. man tap bost gwe suka neh

    http://blogssukses.blogspot.com

    BalasHapus
  9. untuk artikel tiap hari kayaknya berat deh mas :D

    BalasHapus
  10. Thanks very useful for me. You are very good article.

    BalasHapus
  11. pusing gan....... but thanks anyway

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !