16 Juli 2009

Belanja Komputer Online - Tips Aman dan Cerdas

BY Nunung Indrianto IN No comments

Alnect Komputer Mp3 Player Creative MuVo T200 Berkualitas

Belanja komputer online saat ini sudah barang baru lagi. Seiring dengan perkembangan dunia informasi (IT) yang semakin maju, maka semua aspek kehidupan secara perlahan namun pasti akan dilakukan secara online. Demikian halnya dengan belanja komputer. Sebenarnya sudah banyak toko komputer online yang tersebar di seantero negeri ini. Namun tidak semua dan bahkan hanya sedikit yang menjelaskan tentang TIPS Aman dan Cerdas tentang kenyamanan dan keamanan berbelanja komputer secara online
.

Di bawah ini saya berikan tips-tips belanja komputer online anda nyaman dan aman :

TIPS BELANJA ONLINE :

Pastikan anda bertransaksi dari komputer yang aman. Sangat direkomendasikan dengan komputer pribadi, namun jika tidak memiliki, bisa saja dari warnet namun PASTIKAN JANGAN MENYIMPAN PASSWORD dan NOMER SANDI APAPUN di hardisk komputer tersebut. Satu lagi, sebelum dan sesudah memulai transaksi, lebih baik jika anda restart terlebih dahulu komputer tersebut.

Pastikan anda yakin, keberadaan toko online tersebut. Bisa dilihat di situs.

Cari perbandingan harga di tempat lain, baik secara online maupun offline.

Pastikan Anda mengerti cara transaksi-nya, sistem pembayaran, sistem pengiriman barang dan garansi-nya. Jika ada satu saja hal yang tidak anda mengerti, tanyakan pada customer service online yang ada.

Jika toko online tersebut menggunakan sistem transaksi online, maka pastikan website toko tersebut adalah termasuk aman, biasanya menggunakan https dan memiliki label-label security online transaction seberti verysign dan sebagainya. Namun akan lebih aman lagi jika sistem yang dilakukan adalah sistem dengan perpaduan online dan offline. Artinya, pemesanan dilakukan secara online, namun pembayarannya dilakukan secara offline. Hal ini agar tidak beresiko pencurian data creditcard dan sebagainya.

TIPS BELANJA KOMPUTER :

Pilihlah motherboard yang pas. Ada dua jenis motherboard yang beredar di pasaran, Intel dan AMD. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun terlepas dari jenis motherboard itu, cari tau apakah motherboard itu sudah mendukung harddisk SATA dan tersedia berapa slot? Berapa slot RAM DDR2 (memori) yang dimilikinya? Apakah menyediakan slot ekspansi untuk kartu grafis? Berapa slot PCI-nya? Hingga sejauh mana motherboard itu mendukung kalau kita meng-upgrade prosesornya?

Jangan membeli prosesor kelas Celeron yang harganya jauh lebih murah, kecuali Anda sangat sensitif terhadap selisih harga. Dalam blog http://www.unitedfool.com/ ditulis tentang penjelasan ini :


Lebih baik Anda membeli prosesor generasi lebih baru seperti Pentium 4 Hyper-Threading (HT), Pentium D, Dual Core atau Core 2 Duo. Anda bisa saja membeli prosesor Intel kelas Celeron (Misal Celeron 2,66 GHz, harga sekitar Rp 325.000) namun kinerja komputer akan menurun drastis apabila menjalankan banyak aplikasi sekaligus (multi-tasking) dibandingkan kita menggunakan Pentium E2140 1.6GHz (Dual Core) seharga sekitar Rp 700.000 atau Pentium 4 631 berkecepatan 3.0 GHz HT seharga sekitar Rp 650.000. Khusus untuk jajaran prosesor berlabel Pentium E2xxx dibangun dari mikroarsitektur Core (seperti halnya prosesor Core 2 Duo), namun dengan beberapa pengurangan spesifikasi. Contohnya FSB cuma 800MHz, L2 cache cuma 1MB, serta tidak mendukung VT (virtualisasi). Namun kehebatan prosesor seri ini adalah kemampuan overclock-nya yang sangat tinggi.


Beli harddisk berjenis SATA II. Hal ini karena hardisk ini memiliki kemampuan menulis dan membaca jauh lebih cepat dari hardisk jenis terdahulu, Hardisk PATA.

Belilah hardisk 160 GB daripada 80 GB. Bukan untuk gaya-gayaan, tetapi semata untuk penghematan, karena selisih harga begitu tipis, sedangkan kapasitasnya sangat jauh, dua kali lipatnya kan?

Beli memori yang sudah DDR2. Karena harga memori dengan jenis DDR saat ini sudah lebih mahal, jadi pastikan motherboard yang kita pilih mendukung atau mensupport untuk DDR2. Cek saja harga memory DDR dan DDR2.

Beli memori DDR2 minimal berukuran 512 MB. Soal ini cenderung untuk keefektikan kerja kita. Mungkin saja kita hanya membutuhkan komputer untuk pekerjaan sederhana, seperti mengetik dan mendengarkan musik. Namun jangan lupa, sistem operasi saat ini membutuhkan spesifikasi memori dan processor yang memadai. Terlebih lagi, karena kita tidak mengetahui keperluan kita di masa mendatang, karena dunia teknologi informasi saat ini begitu cepat. Biasa saja, sekarang hanya untuk mengetik, tetapi besok ternyata kita membutuhkan komputer kita untuk editing foto atau yang lainnya.

Beli DVD Combo lebih bijaksana dari pada membeli CD-ROM biasa atau CD-RW. artinya dengan DVD Combo (DVD-ROM plus CD-RW), kita bisa memutar dan membakar data ke CD sekaligus memutar DVD.

Slot PCI yang cukup. Penjelasan teknis seputar hal ini telah ditulis di blog http://www.unitedfool.com yaitu:


Sebisa mungkin motherboard memiliki 1x PCI Express x16, 2x PCI Express x1, dan 1x PCI. Bagi Anda yang ingin menikmati bermain game lebih dahsyat, kehadiran slot PCI Express x16 sudah menjadi keharusan. Di dalam slot inilah kita menambahkan kartu grafis tambahan agar bisa memainkan game 3D favorit atau membuat komputer kita layak diinstal Windows Vista. Bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, kartu grafis onboard (onboard VGA) – sudah ditanam di motherboard – sudah cukup untuk memainkan game-game ringan (bukan 3D). Namun bagi Anda yang punya dana tambahan, tidak ada salahnya menambah kartu grafis kelas menengah seperti seri 7 (depannya angka 7). Misalnya GeForce 7200GS (merek apa saja) dengan harga sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000. Kalau mau lebih bagus lagi dan harganya tentu lebih mahal lagi, Anda bisa memilih mulai dari GeForce 7300 GT hingga 7600 GT. Kartu grafis kelas lebih tinggi lagi adalah seri 8 seperti Geforce 8600GT/S atau Geforce 8800GTS. Sedangkan slot PCI Express x1 berguna kalau kita ingin menambah modem, kartu suara, TV Tuner, dan sebagainya.
Pastikan Casing PC memiliki power listrik yang mendukung kebutuhan hardware PC dan mempunyai front USB dan Audio. Biasanya untuk casing yang Pentium IV ke atas memiliki colokan USB di depan, namun ada saja colokan ini hanya pajangan saja, tetapi tidak berfungsi. Capek kan jika harus mencolokkan flashdisk ke belakang casing....hehe..capedeh....:))

Tips aman dan cerdas dalam Belanja Komputer Online ini mudah-mudahan bisa membantu anda semua.

Sumber :
1. http://www.unitedfool.com
2. http://erakomputer.com
3. Blog Kontes Alnect Komputer Nindrianto's blog.

0 comments:

Poskan Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !