01 Juli 2009

Cara berkomentar di blog agar tidak dianggap SPAM Comment

BY Nunung Indrianto IN 4 comments



Seperti telah banyak disinggung di berbagai blog bahwa salah satu cara mendapatkan backlink untuk menaikkan page rank blog kita adalah dengan berkomentar dan meninggalkan url link kita. Tetapi pernahkah kita memahami Cara berkomentar di blog agar tidak dianggap SPAM Comment? Artikel ini saya dapatkan dari Problogger blog dan selanjutnya saya bagi untuk Anda, tentunya untuk saya juga yang sampai saat ini masih terus belajar untuk meningkatkan kualitas blog ini. Bagaimana cara berkomentar yang baik itu sebenarnya?

Ada 10 cara untuk berkomentar di blog, terutama di blog yang menganut blog do follow dan agar tidak dianggap komentar spam. Cara-cara yang dimaksud adalah di bawah ini :

1. Jadilah komentator yang pertama. Mengapa harus pertama, tentunya, pemilik blog akan berpikir bahwa kita memberi perhatian yang lebih dengan blognya. Dan ini adalah bentuk apresiasi kita terhadap blog itu.

2. Buatlah contoh sebagai penjelasan tambahan dari artikel itu.

3. Tambahkan juga hal positif untuk menaikkan nilai dari artikel tersebut. Misalkan jika dalam blog ini menyebutkan ada 10 cara berkomentar di blog orang, anda bisa saja menambahkan menjadi 12 atau 20. Tentu ini bukan spam kan?

4. Komentar yang menolak pendapat artikel. Tentunya disertai alasan-alasan yang bisa diterima akal dan tidak asal tidak setuju. Berikan alasan sepantasnya sepengetahuan Anda. Jika pemilik blog adalah orang yang positif, maka hal ini bisa dijadikan informasi perbandingan buat dia dan orang lain.

5. Berkomentar dengan hati dan seolah-olah Anda dekat dengan dia. Ini juga untuk menghindari komentar yang seolah-olah berasal dari robot. Komentar-komentar seperti : nice post, i agree with you, nice article atau mantaps dll adalah komentar yang sangat kentara nilai robotnya..maksudnya, sangat tidak mencerminkan kita benar-benar membaca artikelnya...Hmm...benar kan..?

6. Berkomentar dengan humor. Siapa juga yang tidak senang jika komentar Anda bernada lucu atau mengundang orang untuk tersenyum?

7. Komentar dengan bersifat bertanya. Tentunya pertanyaan yang masih berhubungan dengan isi artikel dong....:)

8. Formatlah artikel Anda sebagus mungkin. Misalkan dengan memberikan tanda petik, huruf kapital/besar dan dengan gambar-gambar yang menarik. Terutama jika Anda ingin menekankan suatu kalimat atau kata yang membutuhkan perhatian khusus. Pemberian daftar list lebih dianjurkan daripada menggunakan daftar dengan koma.

9. Memberikan link yang bersifat membantu. Kita bisa saja memberikan tag2 html atau tidak yang jelas, kita bisa memberikan tambahan informasi dengan mencantumkan sebuah alamat atau link url dari web/blog yang membantu memberikan informasi lebih untuk si pemilik blog. Berpromosi? Saya berpendapat, sah-saja selama tidak terlalu banyak dan sedapat mungkin sesuai dengan isi atau tema artikel.

10. Panjang komentar. Berkomentarlah secukupnya dan sepantasnya. Dua atau 3 paragraf adalah cukup. Tidak perlu terlalu panjang, karena bisa2 Anda dianggap tidak berkomentar, tetapi justru menulis artikel. Hehe...dan tentunya yang baca akan capek duluan...serta, bagi saya, komentar yang terlampau panjang akan mengganggu nilai tampilan dari blog.

Oke deh...Cara berkomentar di blog agar tidak dianggap SPAM Comment di atas bukan berarti saya telah melakukannya. Justru saya terpacu untuk lebih berkualitas lagi dalam berkomentar. Selamat berkomentar deh....

4 komentar:

  1. PERTAMAX...

    segarnya setelah mengambil pertamax.

    wah.. saya harus berhati-hati kalau mau komen disini biar nggak dianggap spam :D

    lama tak jumpa bro..

    BalasHapus
  2. saya baru mulai belajar..beruntung bertemu dengan artikel "Cara berkomentar di blog agar tidak dianggap SPAM Comment" .Makasih atas ilmunya

    BalasHapus
  3. bener bener... ilmu baru saya akan langsung praktekin. Supaya lebih di sukai sama yg punya blog

    Salam kenal
    duniartikel.com

    BalasHapus
  4. Ikutan berkomentar... tapi harus hati2 dianggap SPAM ma "Mas Admin". Tipsnya bagus. Tambah dah ilmunya. Makasih mas :D

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !