22 Juli 2009

Plugin Wordpress Standar - Blogger Pemula

BY Nunung Indrianto IN No comments



Plugin wordpress standar? Makanan apa sih? Plugin wordpress adalah sebuah tool atau software pendukung yang dibuat bagi pemakai wordpress yang bisa memaksimalkan kinerja website atau blog itu sendiri. Hingga saat ini bermacam plugin wordpress yang ada, kita tinggal browse atau cari di Internet atau di dashboard wordpress . Artikel ini tentu saja tidak akan memaparkan keseluruhan plugin wordpress, karena begitu banyaknya. Mungkin saya hanya memaparkan Plugin wordpress standar yang wajib dimiliki oleh para pengguna wordpress. Plugin-plugin itu diantaranya :



1. All in One SEO Pack version 1.5.6 and up
Plugin dengan versi terakhir 1.6.4 update terakhir 14 Juli 2009 dan telah didownloads lebih dari 55.000 kali ini adalah plugin yang berguna mengoptimalkan website wordpress dalam SEO [Search Engine Optimation]. Plugin ini dibuat oleh hallsofmontezuma, uberdose yang sifatnya freeware alias gratis.


2. Google XML Sitemaps
Google XML Sitemaps ini adalah sebuah plugin yang akan membuat Google Sitemaps compliant XML-Sitemap dari blog Anda. Plugin ini mendukung seluruh halaman Blog Wordpress yang anda postingkan. Setiap kali Anda membuat postingan dan mengedit postingan anda, otomatis sitemap blog anda akan diperbarui dan otomatis plugin akan memberitahukan adanya pembaruan artikel pada blog anda pada seluruh search engine protokol sitemap, seperti Ask.com, Google, MSN Search dan YAHOO sehingga artikel anda akan lebih mudah ter-indeks.


3. Akismet
Akismet adalah plugin default atau sudah terpasang di wordpress, yang berfungsi untuk menangkal atau memfilter komentar yang masuk, terutama untuk menangkis serangan komentar spam. Plugin Akismet ini dibuat oleh Matt Mullenweg, si boss Wordpress pada tahun 2005 silam. Keunikan tersendiri dari Akismet ini adalah keharusan kita untuk mengisi API Key yang bisa kita dapatkan dari akun kita di Wordpress.com. Bagaimana prinsip kerja Akismet? Berdasarkan referensi yang saya dapat, Akismet memiliki algoritma dan cara tertentu untuk menyaring koment yang masuk. Dan kita pun bisa memberikan referensi untuk Akismet. Artinya bila ada komentar yang masuk, yang kita anggap komentar tidak berguna atau kasarnya komentar sampah maka kita tinggal pilih tombol spam di bagian pengaturan komentar, maka otomatis perintah ini akan ditangkap oleh database Akismet dan selanjutnya dia akan merekam untuk menyaring koment yang akan datang kemudian.

4. WP Super Cache

Satu hal yang penting dalam sebuah web atau blog adalah kecepatan akses. Jika akses ke blog kita cepat, maka tentu pengunjung blog kita akan senang. Kecepatan akses ini juga penting untuk kecepatan robot search engines pada halaman indeks dan footer. Karena setiap kunjugan ke blog dan halaman blog akan memberikan rekaman tersendiri dari robot-robot ini maka semakin lama, beban wordpress kita semakian berat. Apalagi jika seluruh plugin dan banyak file-file yang tidak terpakai masih tersimpan di database wordpress kita. Untuk itu kita memerlukan plugin WP Super Cache ini untuk merefresh database wordpress kita. Sehingga kecepatan akses kembali tinggi dan pengunjung blog selalu senang menikmati blog wordpress kita.

5. MobilePress
MobilePress adalah plugin Wordpress standart yang akan membuat blog Anda dapat dibrowsing melalui perangkat mobile seperti ponsel, plugin ini yang akan menyesuaikan theme blog wordpress anda pada mobile browser, seperti iPhone, Opera Mini, Windows Mobile dan mobile browser lainnya.

Plugin ini juga memungkinkan anda untuk membuat theme sendiri blog Wordpress anda sehingga theme blog Wordpress anda yang terlihat pada browser pc akan berbeda dengan theme yang terlihat pada browser perangkat mobile.

MobilePress juga memiliki fitur Mobile SEO yang akan mendeteksi Google dan Yahoo dalam pencarian mobile bots. Pada search engine untuk perangkat mobile, mobile bots akan melihat versi mobile dari blog anda sehingga blog Anda dapat dioptimalkan dan diindeks di Google dan Yahoo dalam pencarian khusus perangkat mobile.

Cara Instalasi MobilePress Plugin :
a. Upload the mobilepress directory to your /wp-content/plugins/ directory
b. Activate the plugin through the 'Plugins' menu in WordPress
c. If you are using a caching plugin (ie, wp-supercache), clear your cache now.
d. If you plan on using custom themes, or wish to specify a custom title/description for your mobile blog, you can set these in the MobilePress admin panel.

Bagi Anda pemakai wordpress yang masih blogger pemula, mungkin memang wajib menginstal plugin wordpress standar ini, tidak bisa tidak, karena ini demi kelangsungan blog anda sendiri. :)


Dari berbagai sumber

0 comments:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !