15 September 2009

Tips Blog : Berbagai Tool Translate Online

BY Nunung Indrianto IN , , 14 comments

Tips Blog : Berbagai Tool Translate Online


Tips Blog Berbagai Tool Translate Online ini barangkali saja bermanfaat buat para blogger dan netter. Terutama untuk para blogger yang bermain paid review. Atau juga untuk keperluan mengisi konten blog dengan artikel berbahasa asing/Inggris. Memang sih, tool atau alat terjemah yang paling populer saat ini mungkin google translate. Atau memanfaatkan jasa para penerjemah atau penulis content. Tapi buat yang baru bermain terjun di bisnis online mungkin tidak ada salahnya mencoba menulis kontent sendiri.

Macam-macam alat terjemah online ini di antaranya :
1. 101 Languages
http://www.101languages.net
Sebuah layanan yang mampu menerjemahkan teks ke berbagai bahasa, lebih dari 101 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

2. AjaxTrans
http://ajaxtrans.com
Pada jasa layanan gratis yang ini, kita dapat men-translate teks otomatis ke berbagai pilihan bahasa. Di antaranya : Bahasa Inggris , Spanyol, Jerman, Perancis, Italia, Portugis, Cina, Jepang, Korea, Rusia, Yunani dan Belanda.

3. AllWords
http://www.allwords.com
Layanan ini tersedia link ke kamus bahasa online, tempat belajar bahasa asing, layanan translate bahasa dan lain sebagainya.

4. AltaVista Babel Fish
http://babelfish.altavista.com
Disini anda bisa menerjemahkan bahasa pada website menjadi bahasa lain atau memasukkan hingga 150 masukan kata bahasa inggris, perancis, jerman, cina, jepang, itali, belanda, portugis, spanyol, korea, rusia, yunani ke bahasa lainnya atau sebaliknya.

5. Aquarius.Net
http://aquarius.net
Situs ini menyediakan berita dan INFO JOB TRANSLATOR / PENERJEMAH online, forum bahasa, dan juga direktori agensi translasi bahasa untuk keperluan translasi untuk bisnis, website dan lain sebagainya. Anda bisa bertanya langsung bahasa yang tidak anda mengerti di forumnya dan juga mendapatkan berbagai informasi penting.

6. BabelPlex
http://babelplex.com
Disini anda bisa memasukkan berbagai kata dan mencari pada web translate kata tersebut dalam bahasa yang anda pilih.

7. ForeignWord
http://www.foreignword.com
Layanan ini menyediakan link ke berbagai kamus bahasa, tool identifikasi bahasa dan translasi dan juga direktori translator bahasa.

8. FreeDictionary.biz
http://freedictionary.biz
Kamus multibahasa ini juga mendukung translasi dari dan ke bahasa belanda, estonia, jerman, italia, lithuania, polandia, rusia, spanyol dan turki.

9. Google Translate
http://translate.google.com/translate_t
Layanan dari google ini dapat mentranslasi teks dan halaman web dalam bahasa inggris ke bahasa arab, cina, perancis, jerman, italia, korea, jepang, rusia, spanyol, portugis, dan sebaliknya. Selain itu anda juga bisa memasukkan beberapa frasa tertentu dalam bahasa yang anda ingin terjemahkan, dan situs ini akan mencoba mencarinya di situs lain. Disini juga tersedia kamus multibahasa.

10. ImTranslator
http://imtranslator.com
Layanan ini menyediakan translator online, spell checker, kamus multibahasa, keyboard virtual dan layanan translasi khusus berbagai bahasa ke bahasa rusia dan sebaliknya.

11. iPhoneCedict
http://www.iphonecedict.com
Kamus online berbahasa mandarin ke bahasa inggris dan sebaliknya. Anda juga bisa menggunakan layanan ini untuk mentranslasi kalimat juga.

12. LingoDeal
http://lingodeal.com/app
LingoDeal ini adalah pasar terbuka untuk pekerjaan translator dengan berbagai ahli bahasa/translator dalam satu jaringan. Jika anda seorang ahli bahasa apalagi jika bersertifikat, anda bisa mendaftar disini dan mendapatkan bayaran untuk hasil translasi atau jika anda sedang mencari penerjemah bahasa untuk proyek, tugas atau pekerjaan anda, anda bisa mencari dan membayar orang untuk mengerjakannya disini.

13. NetFinder
http://www.netfinder.co.nz/
Direktori yang berisi situs-situs dari New Zealand ini menyediakan layanan translasi situs pada direktori ini dalam 8 bahasa.

14. PanImages
http://www.panimages.org
Anda bisa menggunakan layanan PanImages ini untuk mentranslasi kata dalam berbagai bahasa berbeda dan mencari gambar pada google dan flickr untuk memperjelas pengertian bahasa tersebut.

15. PopJisyo
http://www.popjisyo.com/WebHint/Portal_e.aspx
Kamus berbentuk pop-up untuk bahasa jepang, cina dan korea dan juga bahasa lainnya ini dapat anda gunakan sambil membaca website berbahasa asing.

16. Proz
http://www.proz.com
Kamus direktori online untuk freelance translator bahasa dan agensi translator. Anda bisa menggunakan jasa-jasa translator tersebut untuk menerjemahkan bahasa yang anda inginkan untuk diterjemahkan.

17. SDLFreeTranslation
http://www.freetranslation.com
Disini anda bisa melakukan translate atau terjemah sebuah website dan teks dalam bahasa inggris ke cina sederhana/simple/tradisional, spanyol, perancis, jerman, italia, belanda, portugis, rusia, jepang, dan norwegia. Anda juga bisa memilih pilihan lain seperti translasi dengan chatting dan juga layanan translasi oleh translator ahli tersedia dengan harga tertentu.

18. TranslatorBase
http://translatorsbase.com
Disini anda bisa sharing atau berbagi pekerjaan translasi yang anda ingin selesaikan pada TranslatorBase dan mendapatkan jawaban dan bantuan dari translator freelance dan agensi translasi lainnya.

19. TranslatorsCafe
http://translatorscafe.com/cafe/default.asp
TranslatorCafe ini menyediakan berita dan sumber-sumber linguistik, anda juga bisa chatting dan bercakap-cakap dengan ahli bahasa lainnya tentang translasi bahasa yang tidak anda pahami atau menawarkan diri untuk bekerja pada agensi translasi jika anda mempunyai kemampuan bahasa asing.

20. WordReference
http://www.wordreference.com
Kamus multibahasa ini mendukung translasi dari bahasa inggris ke spanyol, perancis dan italia juga sebaliknya.

21. WorldLingo
http://www.worldlingo.com
Disini anda bisa menemui sumber-sumber dari berbagai macam kamus online gratis, selain itu juga menyediakan translasi bahasa dokumen, website, multimedia dan software oleh translator profesional.

22. Yahoo Babel Fish
http://babelfish.yahoo.com
Dengan Yahoo Babel Fish, anda bisa mentranslasi halaman web hingga 150 kata ke berbagai bahasa, layanan ini sangat mirip dengan altavista babelfish.

Mudah-mudahan tips blog berbagai tool translate online ini bermanfaat ya...

Sumber:
http://yonkyunior.blog.telkomspeedy.com/
Gambar : clipartof.com

14 komentar:

  1. banyak juga ya, biasa tahunya cuma google translate ajah.. hahhaa

    BalasHapus
  2. dari semua yang paling diterima paid review yang mana ya

    BalasHapus
  3. thanks for sharing, semua caranya seperti google translate apa beda?

    BalasHapus
  4. wah ternyata sangat banyak ya...yg sering ku pakai hanya google translate :)

    BalasHapus
  5. @waroengdollar: sama aja bos, mana aja bisa aja diterima, yang penting, teknik penerjemahannya bagus...kalo struktur tata bahasa kita bagus, biasanya hasil translate-nya bagus juga...:)

    @multyone: yap..sama aja...mirip2lah bro..

    BalasHapus
  6. jadi banyak pilihan neh, soalnya kadang google translate jg kurang pas terjemahannya, kalo sudah banyak pilihan kan jadi lebih enak
    thanks ya sharing nya

    BalasHapus
  7. gempa, gempa, dan gempa...ach seandainya semua itu tidak terjadi....sahabatku yang baik ada award di tempatku buatmu..diambil yach

    BalasHapus
  8. wah ternyata banyak ya?

    saya kira sedikit, habis tahunya dari google aja sih

    ternyata banyak amat

    thanks

    BalasHapus
  9. ini enaknya berkunjung kesini..selalu dapat tips baru..bos selama ini saya makai google translate ada masukan ngga kira-kira mana yang paling bagus menurut pengalaman bos

    BalasHapus
  10. @mybisnis: thanks bro....saya udah coba sebagian, tp tetep yg paling pas menurut saya google translate..en selalu diedit2 lagi..spt biasa..

    @100friendlink: thanks udah berkunjung bro...

    BalasHapus
  11. saya sie masih setia menggunakan google translate tapi tidak ada salhnya mencoba hal baru...

    tq ya rekomendasinya

    BalasHapus
  12. bagus ni artikelnya dan sangat menarik,,,berkunjung ju

    BalasHapus
  13. maksih banyak ya
    artikel yang sangat membantu,,

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !