13 November 2009

Tips Meningkatkan Traffic Blog

BY Nunung Indrianto IN , , 12 comments



Ada banyak cara atau tips meningkatkan trafik blog atau kunjungan orang ke blog kita. Namun saya akan meringkasnya menjadi 10 tips saja. Pada intinya, untuk menghasilkan trafik yang tinggi, diperlukan keuletan, kesabaran dan motivasi yang kuat. Karena semua harus berjalan dengan alami dan apa adanya. Mungkin banyak tool atau alat yang bisa secara instan mendatangkan trafik ke blog kita, namun saya yakin, hal tersebutlah tidaklah abadi. Biasanya cara yang paling mudah adalah dengan spam blog artinya blog yang isinya semata untuk memancing orang masuk ke blog kita, padahal isinya tidak sesuai atau malah ngelink ke blog lain. Mungkin untuk sesaat, blog kita akan ramai, namun hal itu tidak akan lama. Karena orang pada akhirnya mengerti, bahwa dia telah terpancing. Maaf, saya tidak menyalahkan kawan-kawan blogger yang menggunakan pancingan seperti artis bugil, gadis sma sexy dan sebagainya. Hal itu sah-sah saja...namun untuk mencari penghasilan atau uang, sudahlah... pendapatan Anda tidak akan barokah...:). Kok jadi ceramah...oke, ini saya petikkan 10 tips yang dimaksud.

Tips meningkatkan traffic blog :


  • 1. Posting atau buat artikel sesering mungkin.
  • Bahkan ada yang bilang 10 artikel/minggu dan lebih dari 200 kata. Jika tidak mampu, 3 artikel per minggu mungkin cukup. Namun jika blog Anda masih baru, usahakan minimal 10 artikel per minggu atau 2 artikel tiap harinya. Ini berpengaruh kepada index di search engine. Semakin blog anda terindex di search engine, misalkan google, maka kesempatan untuk meraih posisi di halaman 1 google lebih terbuka.


  • 2.Komentar di blog lain.
  • Kegiatan blogger yang satu ini juga menjadi kegiatan wajib. Tidak usah pedulikan apakah blog itu berstatus dofollow atau nofollow. PASTIKAN SAJA KITA BERKOMENTAR DI BLOG YANG SUDAH MAPAN, biasanya ada di urutan atas pencarian. Anda bisa cari di blogsearchengine.com, google.com/blogsearch atau searchengineblog.com.


  • 3. Submit ke Directory
  • Masukkan alamat, keyword utama blog dan url blog Anda di blog atau web directory. Hal ini gunanya untuk membantu mendapatkan kunjungan dari orang yang masuk melalui kategori atau tag pada blog atau web direktori. Contoh web direktori adalah webdirektoriindonesia.com. webdirektori.com atau alamatweb.com.


  • 4. Submit ke Sosial Bookmark.
  • Misalkan lintasberita.com. infogue.com atau digg.com dan del.icio.us. Lakukan setelah Anda selesai membuat artikel.

    Apakah perbedaan antaraWeb direktori dan sosial bookmark? Dalam pemahaman dan pengalaman saya, web direktori adalah kumpulan alamat blog atau web yang dipilah-pilah berdasarkan kategori. Sedangkan Sosial Bookmark adalah kumpulan artikel yang disusun berdasarkan tag, keyword atau kategori. Perbedaan lain adalah kalau di webdirektori kita tidak dapat berkomunikasi dengan blogger lain, sedangkan di sosial bookmark sebaliknya.


  • 5. Menjadi anggota forum.
  • Setelah status member Anda aktif Anda bisa mencantumkan url link blog Anda dan sekaligus berkomentar atau reply thread di postingan forum. Jangan lupa, jika sudah mendapatkan ijin Anda bisa mencantukan juga signature atau tanda tangan kita. Signature yang dimaksud adalah anchor text dan alamat url postingan kita.


  • 6. Tulislah beberapa artikel tentang tips blog atau tips money online.
  •  Tips-tips blogging atau tips bisnis online akan banyak mendatangkan pengunjung. Karena hampir semua blogger membutuhkannya. Jika tulisan Anda bagus dan jelas dicerna, maka orang tidak akan ragu-ragu untuk datang kembali dan berkomentar. Syukur-syukur jika berlangganan artikel ke blog kita. Dengan begitu kita akan memiliki pembaca tetap. Jadi suatu saat tidak perlu ngotot lagi untuk blog walking atau berkomentar ria di blog lain untuk berpromosi blog kita.


  • 7. Membuat Artikel kontroversial atau topik-topik yang sedang hangat.
  • Jika ingin mendapatkan visitor yang lumayan mudah, maka silakan mengikuti cara ini. Perpaduan judul dan isi yang merupakan topik terhangat dengan kalimat judul yang kontroversial adalah cara jitu untuk mendatangkan pengunjung. Misalkan:  Sosok Rani Juliani Terungkap..hehe...


  • 8. Submit artikel ke artikel direktori.
  • Meskipun agak susah, akan tetapi cara ini juga banyak direkomendasikan para blogger master. Masalahnya belum saya temui artikel direktori yang berbahasa Indonesia. Kalau ada mohon diinformasikan di komentar ya...Kebanyakan memang khusus artikel berbahasa Inggris dan memiliki grammar yang baik. Jika persyaratan disetujui maka artikel Anda akan diterima. Jutaan orang banyak mengakses artikel direktori, karena bagi mereka cara ini lebih cepat dan tepat, dibanding harus mencari di mesin pencari. Jika anda kesulitan menulis artikel berbahasa Inggris, Anda masih bisa kok, karena banyak translator online.


  • 9. Buatlah kontes review  untuk blog Anda.
  • Ini yang belum terpikir selama ini. Karena untuk cara ini tentu kita membutuhkan modal sebagai hadiah. Namun jika kita memiliki modal yang cukup, tidak perlu susah untuk berpromosi. Kita bisa sediakan hadiah domain .com plus hosting gratis bagi 3 orang pemenangnya. Mungkin modalnya cukup 500-600 ribu saja..hehe..tapi itu jelas cara ampuh. Simak saja cara Bung Hakimtea yang mengadakan kontes review Undangan Kreatif untuk pernikahannya waktu itu. Hadiahnya cukup domain saja. Tetapi efek bagi blognya...efeknya bagi pemenang kontes juga lumayan...hmmm..


  • 10. On-Page Optimization.
  • Gunakan teknik SEO yang pas untuk blog Anda. Gunakan meta keyword dan mete description untuk blog dan artikel Anda. Anda bisa juga menggunakan tips keyword paling dicari, namun harus disesuaikan dengan blog atau postingan/artikel kita. Untuk pengguna wordpress semuanya tinggal diisikan di plugin wordpress. Sedangkan untuk pemakai blogspot, mungkin agak sedikit berjuang secara script manual. Jika teknik SEO anda tepat ditambah dengan upaya promosi blog yang maksimal, maka jangan kaget jika blog anda selalu berada di halaman pertama google atau bahkan di urutan 3 besar.

    Selamat berkarya.....!

    12 komentar:

    1. Postingnya informative banget Kang.
      Tapi saya sangat tertarik dengan saran nomor 7 tuh, membuat artikel kontroversial. Kayaknya perlu dicoba deh...

      Makasih Kang..

      BalasHapus
    2. Makasih telah berkunjung dan comment di blog saya Mas..! Posting yang menarik. Keep in touch..

      BalasHapus
    3. tips yang patut dijadikan contoh sob...

      BalasHapus
    4. betul bgd gan artikel ini sangat membantu saya untuk mencari refrensi agar bisa menaikan rage saya...mungkin buat cari refrensi tentang IT bisa ke sini www.dimas-it06.web.id
      tq.
      ^_^

      BalasHapus
    5. wow, makasih ya bos atas sharingnya. really helpfull :)

      salam hangat,

      romie
      www.engineeringtown.com

      BalasHapus
    6. Poin 1-4 yang sering saya lakukan. thanks artikelnya sob.

      BalasHapus

    Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

    It's Me !