25 Januari 2010

Ciri-ciri E-mail Scam, Spam dan Phising

BY Nunung Indrianto IN , 3 comments



E-mail scam, phising atau spam sebenarnya setali 3 uang. Artinya sama-sama penipuan dan trik akal-akalan saja. Spam e-mail sebenarnya tidak terlalu berbahaya, mungkin hanya membuat inbox e-mail kita cepat penuh.  Karena perbedaannya dengan e-mail scam adalah e-mail spam cenderung tidak merugikan secara finansial atau privasi kita. Sedangkan e-mail scam, internet scamming dan pishing diistilah sebagai kegiatan yang merugikan secara finansial atau privasi kita. Nah, kita para netter dan blogger atau siapa saja seharusnya sudah mengantisipasi adanya hal ini. Apalagi untuk para pebisnis online yang selalu bertransaksi via online. Tulisan ini sekedar mengingatkan saja sehubungan semakin banyaknya e-mail spam dan scam termasuk pishing yang masuk ke mailbox saya. Mungkin Anda juga.  Sebenarnya, bagaimanakah kita bisa mengetahui sebuah e-mail dikatakan scam, spam atau pishing?

Jika anda pengguna e-mail dari Gmail atau Yahoo, tentu Anda mengenal menu Spam dalam dashboar e-mail kita. Sebenarnya itu salah satu alat yang diberikan oleh Gmail atau Yahoo e-mail untuk para penggunanya agar selalu berhati-hati dengan e-mail scam/spam ini. Jika ada e-mail yang lolos dari filter Gmail/Yahoo ini, maka kewajiban kitalah untuk mengecek lagi. Apa saja yang perlu diperhatikan bahwa sebuah e-mail itu scam atau spam? Lihatlah ciri-ciri sebuah e-mail spam atau scam :

1. Isi e-mail. Biasanya e-mail scam isinya adalah :
  • Anda menang lotere. Jutaan orang sudah tertipu dengan model lotere ini. Buat Anda yang masih suka togel dan menerima e-mail menang lotere, hati-hati deh.
  • Hadiah cuma-cuma dari perusahan terkenal
  • Seseorang janda yang ditinggal mati suaminya dan tidak punya anak, ingin mendonasikan dananya dengan memberikan kepada orang sedunia lewat email secara acak.
  • Harga diskon secara dramatis dari produk terkenal. Misalkan produk gadget terbaru.
  • Investasi dengan janji keuntungan yang sangat menggiurkan.
  • Dan lain-lain yang bersifat membuat kita tertarik.

2. Ada link url tersembunyi di mana Anda bisa tidak sadar akan mengklik dan Anda akan dibawa ke sebuah halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan isi e-mail. Isi halaman tersebut biasanya program remote atau internet spy, dimana jika donwload (biasanya juga terinstal otomatis ke komputer kita), maka si pengirim e-mail tadi akan secara mudah mengambil data-data pribadi kita di komputer.

3. Pemberitahuan tentang akun bank atau paypal atau ebay kita. Istilah lain dari kasus seperti ini adalah pishing. Banyak kasus di mana sebuah e-mail memberitahukan kepada kita bahwa seseorang yang bukan kita telah menggunakan akun bank kita atau paypal atau ebay kita. E-mail ini juga 'menyarankan' agar kita memverifikasi kembali akun/ data membership kita, dengan cara mengisi kembali formulir keanggotaan, seperti nama, tanggal lahir, no rekening dan nomer PIN serta password kita. Seolah-olah kita kembali harus  daftar Paypal lagi. Mungkin seolah-olah mudah untuk mencermatinya. Akan tetapi biasanya e-mail ini memang dirancang dengan bahasa yang bagus dan formal serta dengan beberapa bukti yang bisa mengecohkan kita. Jadi lebih teliti dan berhati-hati.

4. Cek kesesuaian alamat e-mail pengirim dengan alamat e-mail balasan. Sebuah e-mail scam biasanya dari Afrika (Nigeria dll) selalu menggunakan cara-cara seperti. Teknik yang mereka lakukan adalah menghack sebuah e-mail orang lain biasanya e-mail dari Eropa atau USA. Sedangkan balasan e-mail harus ke sebuah alamat e-mail yang berbeda. Ini contohnya rincian data pengirim e-mail scam:
dariAlusi Mustafa
<alusiamustafa@centrum.sk>
balas kemustafaal@live.fr
tanggal14 Januari 2010 21:30
subjekMR.MUSTAFA ALUSI RAMIN  

Perhatikan alamat e-mail pengirim dan alamat e-mail untuk balasan. Tidak sama kan?

5. Anda diminta mengirim sejumlah uang padahal Anda tidak pernah membeli atau order sesuatu apa pun. Imbalannya tentu barang atau sejumlah uang dengan nilai yang jauh lebih tinggi. Wah, kalau yang begini, lupakan saja. Itu 100% e-mail scam!

Saat ini pun, saya juga menerima e-mail soal i-phone gratis. Isinya Apple memberikan iphone cuma-cuma kepada masyarakat Indonesia sehubungan dengan kehadirannya di Indonesia. Caranya dengan mem-forward-kan kembali e-mail itu kepada 20-40 alamat e-mail teman-teman kita. Saya juga menangkap ini adalah e-mail scam. Silakan cek kembali isi e-mail tadi berdasarkan 5 hal di atas. Hmm...sedih juga ya, negeri kita dibanjiri pada e-mail spammer dan scammer. 

3 komentar:

  1. sering bgt dapet email kayak gitu tapi saya acuhkan saja.yang terbaru saya menerima email yang katanya dari DHL yang memberitahukan bahwa paket yang dikirim utuk saya disuruh ambil ke pos terdekat, disertakan pula attachment yang katanya kode produk,namun setelah dibuka ekstensinya aplication,say curiga itu virus sehingga tidak saya buka.

    BalasHapus
  2. trims infonya,jadi bisa semakin waspada akan bahaya email phising

    BalasHapus
  3. semoga gak ada yang ngimirm ke aku,amin,,

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !