03 Maret 2010

Android Indosat

BY Nunung Indrianto IN 1 comment


Sudah pada tau dong, berita Android yang barusan diluncurkan operator Indosat? Sebagai berita-berita yang telah beredar sebelumnya, Indosat rupanya berambisi menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang merintis dan membuka jalan untuk ekspansi sistem operasi Google Android. Langkah ini coba dilakukan dengan membuka Indosat Andoid Expo dan toko virtual i-Store. Selain Indosat juga telah bekerja sama dengan produsen handset ternama seperti HTC dengan HTC Hero, Motorola dengan Motorola Milestone, Samsung dengan Samsung Galaxy Spica, LG dengan LG GW 620, Huawei dengan U8230 serta Sony Ericsson dengan Xperia X10 untuk mengusung sistem operasi keluaran Google ini. Strategi yang Indosat adalah dengan melakukan pre-order pada akhir Februari lalu. Dan hasilnya cukup mencengangkan. Seribuan pendaftar sudah melakuan pre-order, dan saat ini pre-order untuk ke-enam handset di atas sudah DITUTUP.

Bicara seputar Android, ternyata Indosat tidak memasang target muluk dalam menjaring pelanggan. Bukan apa-apa, layanan Android ini sebenarnya membutuhkan bandwidth internet yang cukup besar. Padahal Indosat saat ini memiliki jaringan infrastruktur yang disalurkan melalui 17.618 base transceiver station (BTS). Meski 10% di antaranya sudah berbasis 3G HSDPA, namun layanan data Indosat masih sering dikeluhkan pelanggan. Diasumsikan, Android ini akan mirip dengan karakteristik iPhone dalam aspek bandwidth yang lumayan boros. Mungkin diperkirakan setiap pelanggan Android akan menghabiskan kuota 2 Gb setiap bulannya.

Tetapi jangan khawatir. Meskipun enam merek ponsel bundling Android yang dipasarkan Indosat lewat jalur pre-order, sejauh ini telah berhasil menjaring seribu pemesan. Meski demikian, pemasaran ponsel ini coba lebih digeber lagi dengan iming-iming diskon. Jadi silakan barangkali ada yang mau pre-order lagi...

1 komentar:

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !