02 Mei 2010

Link Building Strategy : Menambah Backlink untuk Blog Kita

BY Nunung Indrianto IN 2 comments

Link building Strategy atau strategi membangun link untuk blog kita adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Blog. Di pandang dari sudut SEO atau Search Engine Optimization, Link Building hampir menjadi sebuah hal yang wajib. Karena semakin tinggi Link Popularity kita, konon akan meningkat ranking kita di search engines terutama kemungkinan tampil di halaman pertama Google Pencarian untuk keyword tertentu yang diharapkan. 

Begitu pentingnya peranan Link Building, hingga banyak orang berbisnis khusus untuk menjual jasa Link Building. Yang paling terkenal adalah Backlinks.com dan Text Link Ads. Kenapa orang harus rela membayar jasa Link Building itu? Jawabannya tentu jelas, karena dengan membeli jasa Link Building maka dia tidak akan bersusah payah lagi untuk menambah link popularity untuk blognya, karena broker penjual jasa Link Building tadi sudah membantunya menyebarkan link blognya ke blog-blog orang lain. Tentunya semuanya dengan syarat tertentu. Misalkan Anda harus membayar sekian dollar agar link Anda bisa dipasang di blog ber PR 3 atau PR 4 dst. Pertanyaannya sekarang, apakah membentuk Link Building sangatlah sulit, sehingga orang harus membayar? 

Teori Link Building sebenarnya simple. Intinya bagaimana caranya agar Link Blog Anda, misalkan http://namadomain.com dengan anchor text tertentu, misalkan : info gadget, bisa dipasang di blog orang lain. Cara yang paling mudah adalah 1) Bertular Link atau 2) Komentar di artikel orang lain yang memiliki topik sama. Cara lainnya adalah: 
  1. Sebar signature pada e-mail dan bergabunglah di mailing-list atau group email. Anda bisa gabung di google-group atau yahoo-group. Kemudian postinglah sesuatu di sana. Cari member grup yang aktif dan memiliki grup ribuan.
  2. Sebar signature di Forum. Misalkan saja Forum Digital Point, atau Adsense-Id Forum. Karena umumnya status link pada forum bersifat dofollow. Maka ini menjadi keuntungan tersendiri. Namun untuk member baru biasanya tidak bisa langsung menyertakan signature. Biasanya ada syarat-syarat tertentu yang harus dilewati misalkan umur status member, atau jumlah minimal postingan di forum.
Ilustrasi Link Gratis dari Forum




Lumayan kan, backlink gratis..dofollow pula...:). Sering-sering saja bikin thread atau postingan dan berkomentar di postingan member forum lainnya.


3. Cara lain lagi adalah membangun link building sendiri. Biasanya ini dilakukan oleh para master. Hmmm, apakah ini sebuah rahasia? hehe, ndak juga sih. Cuman kalo blogger pemula seperti saya, tidak akan sanggup melakukannya. Maksudnya begini, membangun link building sendiri, artinya kita harus memiliki network atau jaringan blog sendiri dan pastinya bukan jaringan 1, 2 atau 3 blog saja, tetapi puluhan bahkan ratusan blog.  Anda harus meng-update semua blog-blog Anda. Namun keuntungannya adalah, link building yang dibangun bisa lebih mudah dan terkontrol.

Catatan, hasil-hasil bisik-bisik dari para master, sebuah link dikatakan berkualitas, jika link-link tersebut berasal dari no Ip Address yang berbeda atau bahkan dari IP Address yang berbeda negara. Artinya, jika link popularity kita berjumlah ratusan, namun hanya dari blog-blog dari blogspot.com atau wordpress.com maka ini jauh lebih tidak berarti dibanding belasan link popularity namun datang dari blog-blog yang berbeda dari Amerika, China, India hingga Brazil atau Portugal. Apalagi datang dari blog ber Page Rank lebih tinggi. Nah, karena ini berasal dari bisik-bisik para master, ada baiknya kita harus mencari sumber lain sebagai pembanding. Maaaf ya kalo tips ini keliru, soalnya saya bukan master, cuman saya rajin mendengar bisik-bisik para master blog..hihi...Sukses untuk Anda, sobat blogger Indonesia!

Sponsor: Daftar Blog Do Follow ayo berburu backlink
Jika Anda memiliki pagerank tinggi, MANFAATKAN DENGAN MENJUAL LINK DI TLA

2 komentar:

  1. salam kenal gan... makasih banget atas masukannya patut di coba nich.... sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
  2. http://indonesia-bola.blogspot.com/

    terimakasih infonya

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !