10 Mei 2010

Cara Membuat Format Permalink Blogspot Agar Search Engine Friendly

BY Nunung Indrianto IN , 10 comments

Apakah permalink ideal itu? Di artikel SEO Tips Blogspot kali ini, saya akan mencoba berbagi seputar masalah Permalink Ideal. Permalink adalah singkatan dari Permanent Link. Maksudnya, permalink atau permanent link adalah alamat yang menunjukkan lokasi sebuah artikel didalam blog. Dengan mengetik sebuah permalink di browser, maka kita akan dibawa untuk membuka sebuah halaman artikel. Pada sisi search engine seperti google.com, permalink menciptakan sebuah link permanen yang akan terindex. Sedangkan dari sisi browser, sebuah permalink dapat membantu melakukan navigasi menuju artikel yang dimaksud? Dan untuk sisi user, permalink menyimpan informasi seputar isi artikel. Ini juga menjadi satu trik dalam penulisan Artikel Blog.

Permalink blog untuk Blogspot adalah berformat http://namadomain/tahun/bulan/namaartikel.html. Ini adalah format baku dan tetap yang telah diformat oleh Blogger.com. Nama domain bisa masih ikut blogspot atau sudah menjadi Custom Domain di Blogspot. Tapi sampai dengan detik ini saya belum menemukan informasi bagaimana cara customisasi permalink di blogspot. Tidak seperti di Wordpress, kita bisa dengan mudah mengganti permalink blog agar menjadi search engine friendly atau lebih mudah dikenali search engine, terutama google.com. Misalnya http://namadomain/namaartikel/ (Permalink ideal di Wordpress)

Di dalam teori SEO Untuk blogspot, seperti Anda semua mengetahuinya, ada jumlah maksimum karakter dari judul artikel yang akan diformat menjadi permalink. Beberapa master mengatakan jumlah karakter maksimal untuk nama artikel yang dijadikan sebagai permalink untuk blogspot adalah 30-40 karakter. Dan jika lebih dari itu, maka akan terpotong secara otomatis. Misalkan, kita memberi judul artikel ini menjadi :

Cara Membuat Format Permalink Blogspot Agar Search Engine Friendly
(Judul Panjang seperti ini pasti akan terpotong)

Bila kita publish, kemungkinan akan terpotong menjadi Cara Membuat Format Permalink saja sehingga kemungkinan akan menjadi :

Judul Artikel :  
Cara Membuat Format Permalink Blogspot Agar Search Engine Friendly

Permalink:   
http://www.nindrianto.com/2010/05/Cara-Membuat-Format-Permalink.html.
(hasil Permalink dari judul yang terpotong, kurang maksimal) 

Nah ini sebenarnya merugikan karena ada kata kunci yang hilang dari permalink tersebut. Yaitu Blogspot atau Search Engine. Padahal kita akan "menembak" keyword "Permalink untuk Blogspot" kan? Nah karena ada keyword yang hilang maka optimasi SEO kita akan berkurang, karena adanya informasi artikel pada permalink yang hilang. Akibat paling parah adalah artikel kita tidak bisa tampil di Google karena kalah bersaing bersaing dengan blog lain dan akhinya visitor blog berkurang.

Nah caranya gampang bagaimana mengatasi hal tersebut. Pertama Anda harus memberi judul terlebih dahulu dengan kata kunci yang akan ditarget. Misalkan untuk artikel ini, Permalink, Ideal, SEO, Blogspot dan friendly Search Engine. Namun kata kunci terakhir saya fikir tidak perlu karena sudah terwakili dengan SEO. Jadi kata kunci pentingnya adalah Permalink, Ideal, SEO dan Blogspot saja. Nah! Usahakan ke-4 kata kunci ini Anda tulis dulu di bagian judul artikel. Untuk Artikel ini saya tulis judul (awal) : 

SEO untuk Blogspot: Permalink Ideal
(Judul Awal, akan dijadikan sebagai bagian dari permalink)
Kemudian seperti biasa, Anda isi konten dll, kemudian edit sana-sini. Setelah siap, maka Publish. Maka jadilah artikel saya menjadi

http://www.nindrianto.com/2010/05/SEO-untuk-Blogspot-Permalink-Ideal.html
(Permalink artikel, mengambil dari judul awal, optimize dari kata kunci artikel)

Langkah berikutnya, Anda lihat, judul seperti itu (SEO untuk Blogspot: Permalink Ideal) apakah bagus? Tentu tidak kan? Karena seharusnya judulnya adalah :

Cara Membuat Format Permalink Blogspot Agar Search Engine Friendly
(Judul yang diharapkan lebih bisa mewakili isi artikel)

Nah...kalau Anda sudah publish artikel dan ingin menampilkan judul awal yang lebih menjelaskan isi artikel maka langkahnya adalah Anda cuman tinggal edit postingannya dan rubah judulnya menjadi yang versi panjang tersebut. Kemudian jika sudah oke dan yakin itu judulnya, maka Anda publish post lagi. Sekarang Anda akan lihat, judul artikel dengan permalink tidak sama kan? Namun kedua-keduanya tetap selaras dan yang terpenting Blog dari Blogspot Anda menjadi SEO Friendly. Silakan Anda simak lagi artikel ini :

Judul :  
Permalink:  
http://www.nindrianto.com/2010/05/SEO-untuk-Blogspot-Permalink-Ideal.html

Semoga bermanfaat....

10 komentar:

  1. sedikit koreksi mas, memang beda antara title dengan url permalink tapi ketika kita pertama kali publish maka blogger akan ping ke SE dan ping pertama yang akan terindeks dgn title post yg pertama td sebelum di edit.

    terima kasih

    http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&q=http%3A%2F%2Fwww.nindrianto.com%2F2010%2F05%2Fseo-untuk-blogspot-permalink-ideal.html&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=bd044e2305c01ea6

    BalasHapus
  2. menyimak dan bakal ngetest buat postingan berikutnya

    BalasHapus
  3. Terimakasih komennya, justru ping yang pertama itulah yang saya mksdkan agar search engine friendly. Pengubahan ke judul yg kedua adalah untuk memperindah keseluruhan artikel kita..Jadi kita memang tidak bermaksud menjadikan judul yg kedua yg terindex, ttp judul yg pertama yang berisi kata2 kunci utama (targetted kiwod) artikel...thanx

    BalasHapus
  4. wah bukannya title lebih penting daripada permalink.. hehe.. oke nih tipsnya, baru ngeh bisa ada trik kayak gini

    BalasHapus
  5. @blogger ceria: ampun master...maksud terpenting yg ingin saya sampaikan adalah bagaimana menyiasati permalink agar tidak terpotong karena judul/title yang panjang. Permalink kan juga harus search engine friendly bos?..:) ampun master.

    BalasHapus
  6. thanks atas share-nya gan....
    salam kenal!

    BalasHapus
  7. Menurutku ini info yang menarik. Ada saran untuk membuatnya secara otomatis?

    BalasHapus
  8. Benar, memang harus benar dari awal buat permalink seperti ini biar SEO di url tetep dapet.

    BalasHapus
  9. bagaimana dengan setting dari blogger nya, mungkin ga di rubah format tanggal, soalnya ngehabisin kkarakter.
    Terimakasih

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !