11 Agustus 2010

Rute Mudik dengan Google Maps di Handphone

BY Nunung Indrianto IN 3 comments

Berikut tips menentukan rute perjalanan mudik (atau keperluan lain) menggunakan Google Maps di handphone. Contoh untuk artikel ini adalah Samsung SGH Z170. Handphone lain tentu bisa, asalkan tersedia fitur WAP atau GPS.

Google Maps for Mobile adalah layanan Google  untuk handphone yang memberikan informasi peta seluruh dunia dan berbagai informasi seputar geografis seperti arah, kedudukan sebuah kota, kantor bisnis dan sebagainya. Google Maps bisa diakses lewat komputer atau juga dengan handphone. Dengan memanfaatkan Google Maps kita bisa mengetahui jarak tempuh sebuah kota dari tempat kita berada, termasuk juga informasi waktu tempuh dan rute yang bisa dilalui. Kecuali bagi Anda yang mudik dengan kereta api atau angkutan publik lain, Anda bisa tenang dengan selalu mengupdate berita seputar Jadwal Kereta Api Lebaran dan sebagainya. 



Untuk bisa mengakses Google Maps di handphone, Anda tentunya harus menginstall google maps for mobile. 
  1. Silakan buka dari handphone Anda, alamat http://m.google.com/maps
  2. Setelah terbuka, maka akan muncul link untuk install Google Maps. Tinggal di ikuti petunjuk selanjutnya. Untuk HP berbasis Java besarnya sekitar 414 KB. Versi terakhir sat ini adalah  Google Maps V.2.3.2
  3.  Jika sudah terinstal maka Anda sekarang sudah bisa memanfaatkan google maps untuk mengetahui posisi Anda sekarang di peta, dan selanjutnya bisa mencari lokasi lain untuk mendapatkan informasi arah, rute dan prediksi waktu tempunya.

Cara mengetahui Jarak, Rute dan Waktu Tempuh perjalanan Mudik (atau keperluan lain) dengan Google Maps dari Handphone
  1. Jika Google Maps sudah terpasang di handphone Anda, maka Anda tinggal membukanya.
  2. Untuk pertama kali, Anda harus menyetujui agreement yang ada. Tidak perlu berlama-lama, klik saja, Accept. :)
  3. Setelah itu, terbuka peta Jakarta dan sekitarnya, ini adalah tampilan default karena posisi negara nomor handphone kita adalah Indonesia. Klik saja Menu > Get Directions
  4. Berikutnya isikan saja Start Point (Posisi kota awal kita) dan End Point (posisi kota tujuan) dan akhirnya, klik Get Directions.
  5. Maka kita akan mendapatkan informasi jarak tempuh (km), waktu tempuh (jam) dan rute secara detail perjalanan dari kota asal Anda hingga ke kota tujuan Anda.
Gambar Rute Perjalanan dari Titik ke Titik  Google Maps
Tampilan Peta Rute Perjalanan dari kota ke kota
Tampilan Informasi Jarak (km) dan Prediksi Waktu Tempuh Google Maps


Praktek Google Maps di Samsung SGH Z170
Jika handphone Anda termasuk handphone jadul seperti punya saya ini, hehe, maka Anda beruntung, karena Google Maps for Mobil bekerja sangat baik di handphone ini. Saya sudah mencobanya untuk mengetahui informasi perjalanan dari Jakarta ke kota saya, Jember, tepatnya kecamatan Arjasa. Saya mendapatkan jarak tempuh 988 km waktu tempuh 17 jam dan rute perjalanan secara detail dari kota-kota. , dari jalan A menuju Jalan B, berbelok kanan ke Jalan C berikut jaraknya, hingga akhirnya ke Arjasa, kampung saya di Jember....

Tambahan informasi.
Google Maps juga bisa memberikan informasi seputar info trafik atau info macet di Jalan. Cuma sayangnya tidak semua kota bisa didapatkan. Mungkin masih terbatas di kota-kota Amrik sana. Mungkin suatu saat nanti semuanya bisa ditampilkan. Kecuali Handphone Anda merk Nokia dan ber-plate form Symbian atau GPS available, Anda bisa memanfaatkan Google Latitude. Jika tidak, untuk sementara, Anda putar radio Anda saja, untuk mendapatkan info kemacetan ini..hehe. Piss... Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, Semoga Barokah dan Ampunan Allah SWT untuk kita semua...Amiin..Mohon Maaf Lahir Batin.

3 komentar:

  1. maknyus tenan kie aplikasine pak, very very usefull bangets. sayang, hapeku masih belum support buat gps, kwekwke

    BalasHapus
  2. waa...tetangga sendiri berkomentar..hehe...bener cak google latitude asyik sekalle...apalagi dikombinasikan dengan google maps dan handphone GPS..wow. pasti sungguh aduhai...:)

    BalasHapus
  3. wah, kapan ya bisa punya hape gps, biar kalo pas pendakian nggak nyasar, skr masih bisa mimpi punya hape gps.

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !