22 September 2010

Google Scholar-Google Cendekia: Cara Aman Mencari dan Publikasi Artikel Ilmiah

BY Nunung Indrianto IN 1 comment

Google Scholar adalah produk Google untuk mereka yang ingin mencari ataupun mempublikasikan artikel ilmiah secara aman. Jika anda seorang mahasiswa atau seorang akademisi atau seorang yang sedang mencari referensi ilmiah, maka Google Scholar adalah tempatnya.


Apakah itu Google Scholar atau Google Cendekia itu?
Google Scholar adalah cara mudah yang diberikan google untuk literatur ilmiah. Dari satu tempat pencarian paling populer ini (baca google.com), Anda dapat mencari artikel atau referensi ilmiah dari berbagai lintas bidang dan sumber. Di sini terdapat artikel, jurnal, thesis, atau skripsi, abstraksi hingga opini forum ilmiah. Sumbernya pun beragam. Ada yang dari penulis ilmiah, komunitas profesional, universitas/kampus dari dari situ-situs atau perpustakaan yang telah diakui. Kita semua bisa mendapat referensi ilmiah terpercaya karena Google Scholar sudah melindungi hak paten dari artikel-artikel yang diterima berdasarkan ketentuan dari Digital Millennium Copyright Act.

Informasi yang terdapat di Google Scholar atau Google Cendekia ini memang tidak semuanya bisa diklik atau diakses. Kebanyakan juga ber-format .pdf. Hal ini disebabkan karena penulis ada yang belum memberikan tulisan lengkapnya kepada tim Google Scholar atau Google Cendekia dan hanya bersifat kutipan saja. Atau juga, memang sedang dalam status pra-cetak. Untuk ini biasanya kita juga diharapkan masuk ke link perpustakaan yang ada pada sidebar Google Scholar atau kesini : masuk ke Library Link. Jika Anda masih belum menemukan di perpustakaan ini mungkin Anda harus menjadi member hingga diberikan akses untuk masuk.

Bagi Anda yang ingin menyertakan dan mempublikasikan artikel ilmiah Anda ke Google Scholar atau Google Cendekia, maka Anda dapat menghubungi Tim Google Scholar ini.

1 komentar:

  1. wah, mbah google mmg smkn mantap, hal ini tentu sj bs bkn org jd aman untuk berbagi ilmu pengetahuan, mudah2an setelah ini makn banyak dari Qta yang mau bagi2 ilmu yah... hehe

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !