28 September 2010

Kenapa Pria Selingkuh

BY Nunung Indrianto IN No comments

Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa ternyata penyebab kenapa pria selingkuh adalah karena faktor perbedaan gaji dengan pasangannya. Dalam hal ini, jika seorang suami memiliki gaji atau penghasilan lebih rendah dari sang istri, maka di sini dapat menjadikan alasan kenapa suami atau pria melakukan selingkuh. Hmm, benarkah demikian?

Hal ini bisa saja menjadi sebuah sinyal bahaya bagi wanita yang memiliki karier lebih cemerlang dibanding suami. Pasalnya, semakin bergantung pada gaji isteri, semakin besar pula kemungkinan kasus pria berselingkuh. Hasil penelitian seorang sosiolog Cornell University, Ithaca, New York, Christin L Munsch menyatakan hal demikian, berdasarkan laporan The New York Times, Minggu 26/9 kemaren.

Sosiolog ini melakukan penelitian antara laki-laki Amerika Serikat (AS) berusia 18 sampai 28 tahun. Laki-laki yang tidak punya penghasilan sendiri, ternyata lima kali lebih sering menjalin hubungan di luar nikah dibanding laki-laki yang tingkat penghasilannya sama seperti isteri. Kesimpulan yang sama juga bisa terjadi pada seorang ayah muda yang untuk sementara tidak bekerja, berada di rumah untuk mengurus rumah dan anak.

Motivasi yang timbul adalah adanya ketidaksempurnaan. "Tidak setia pada pasangan kemungkinan sebuah upaya untuk mengkompensasi rasa ketidaksempurnaan," Much menyimpulkan hal tersebut. Dia juga menambahkan dari hasil penelitian tentang kenapa pria selingkuh ini adalah bahwa kemungkinan paling besar seorang pria tetap setia pada pasangan adalah jika tingkat penghasilannya serempat kali lebih besar dari istri.


Hmm, apakah itu juga berlaku bagi si istri atau wanita? Apakah penyebab pria selingkuh juga disebabkan karena si pria juga memiliki penghasilan lebih rendah dari sang istri? Apakah hanya faktor penghasilan saja, atau ada faktor lain kenapa pria atau wanita selingkuh itu? Mungkin harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk hal ini. 

Pandangan subyektif penulis blog ini adalah, penelitian di atas bisa jadi benar adanya, namun bagaimanapun, jika seorang pria atau wanita atau seorang suami atau istri melakukan selingkuh, maka pada dasarnya dia telah melanggar komitmen dirinya dengan Tuhan, Allah SWT. Komitmen yang dia buat saat melangsungkan pernikahan dulu. Dan, dalam pandangan agama saya, Islam, jika seorang wanita sudah sering berada di luar rumah, maka faktor atau peluang terjadinya ketidakseimbangan dan keharmonisan rumah tangga pasti sedikit banyak akan terganggu. Jadi menurut saya, seorang wanita atau istri, sangat lebih aman dan lebih baik untuk sering berada di rumah walau untuk bekerja sekalipun. Kira-kira begitu...Cinta itu Indah sobat...
Jika ingin diskusi lebih lanjut, silakan komentar...:)

0 comments:

Poskan Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !