22 Oktober 2010

Pentingnya Iklan Baris Online (Gratis)

BY Nunung Indrianto IN No comments

Promosi Artis-Band via iklan baris online. Sumber OLX.co.id
Pentingnya iklan baris online saat ini memang belum dirasakan secara menyeluruh di masyarakat Indonesia. Meskipun pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan sejak 5 tahun terakhir. Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya warnet, internet kafe dan tempat-tempat publik yang memiliki fasilitas hot spot atau free internet area. Namun sejujurnya, pemanfaatan internet masih berkisar di ranah berita hiburan, jejaring sosial dan kebutuhan lainnya seperti pendidikan dan bisnis. Untuk kepentingan bisnis inilah yang ingin saya paparkan. Padahal di dunia internet, terutama iklan baris online gratis sangat mudah bagi kita untuk mencari dan atau mempromosikan barang seperti iklan rumah, mobil motor atau iklan usaha dan kerjasama bisnis.


Iklan baris online sebenarnya sudah bukan hal baru di dunia internet kita. Terutama saya yang bertahun-tahun berkecimpung di dunia komputer dan 2 tahun terakhir lebih konsentrasi ke bisnis blog. Iklan baris pertama kali waktu itu saya manfaatkan ketika mempromosikan menjadi guru les privat untuk pelajar SMA dan SMP di Bandung, kota yang terkenal dengan kota artis ini. Wah kalau ingat kata artis, saya jadi teringat fenomena Sinta Jojo yang sukses menjadi artis lantaran berpromosi aksi mereka di dunia intenet. Memang bukan dari iklan baris online, melainkan dari situs video sharing, Youtube. Namun sebenarnya dari situ kita dapat menangkap makna betapa pentingnya berpromosi melalui dunia online. 


Contoh Iklan Baris Wilayah Bandung (iklan Bandung). sumber OLX.co.id
Iklan baris online adalah termasuk cara yang efektif untuk promosi dan mencari kebutuhan. Kenapa dirasakan efektif? Hal ini tidak lain mengingat iklan baris online tidak membutuhkan biaya yang mahal serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan konsumen atau mencari barang. Biasanya dalam sebuah situs atau media iklan baris, sudah disediakan kategori iklan atau kelompok bisnis tertentu. Misalkan jika kita ingin berpromosi di bidang les privat maka tentu kita mendaftarkan promosi kita di kategori pendidikan atau kursus. Atau juga ketika kita mencari konsumen atau barang berdasarkan wilayah, misalkan kita ingin mencari mobil bekas dari Bandung, maka satu cara mudah dengan mencari iklan kategori iklan Bandung. Dengan begitu, kita akan melihat iklan yang hanya berhubungan dengan wilayah Bandung. Sangat efektif. Jadi kenapa tidak dari sekarang Anda memulai usaha dengan promosi online di situs iklan baris di Internet?

0 comments:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !