21 Mei 2010

Nonton Piala Dunia 2010 dengan Google TV?

BY Nunung Indrianto IN , , 1 comment

TV Google? Wah kalo ada bener, bisa nonton Piala Dunia 2010 di TV Google. Seperti apa sih Google TV itu? Rupanya Google telah berniat memperluas "kekuasaan"-nya dengan mengakomodir masyarakat dunia yang haus akan teknologi internet dan hiburan, terutama televisi. Google TV, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan raksasa teknologi Sony, Intel dan Logitech dan diluncurkan di AS semalam. 

"Google TV adalah platform baru yang kami percaya akan mengubah masa depan televisi," kata manajer produk Google Rishi Chandra setelah pembukaan layanan baru di konferensi pengembang perangkat lunak di San Francisco. "Pengguna tidak harus memilih antara TV dan web, mereka bisa memiliki keduanya." 

Jelang Piala Dunia 2010, Maradona "Beraksi"

BY Nunung Indrianto IN , No comments

Maradona memang fenomenal. Saat ini pun, jelang Piala Dunia 2010 Maradona beraksi. Namun keli ini buka beraksi di lapangan bola dengan bola atau dengan tim Tango-nya. Aksi Maradona kali ini melibatkan wartawan sebuah media TV Canal 13. Loh? Maksudnya, seperti ditulis di media beberapa waktu lalu, mantan pemain terbaik Dunia ini telah menabrak seorang wartawan dan melintas kaki sang wartawan. Meski tidak sengaja, namun kasus ini hampir saja menjadi ramai.

Rekaman Video Piala Dunia : Jelang Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

BY Nunung Indrianto IN , No comments

Piala Dunia 2010 sebentar lagi. Sebagai pemanasan ada baiknya kita tengok lagi rekaman video Piala Dunia beberapa tahun silam. Rekaman yang paling terkenal adalah rekaman video Gol Maradona yang kontroversial hingga saat ini. Apalagi kalau bukan gol Tangan Tuhan, atau Hand God Goal by Maradona? Simak kembali video rekaman Final Piala Dunia 1986, ketika Argentina bertemu Inggris waktu itu. Gol spektakuler yang menjadi penentu kemenangan tuan rumah Argentina ini hingga saat ini pun masih menjadi perdebatan. Walaupun wasit kala itu menganggap gol itu sah. Tetapi jika kita simak secara seksama lagi, jelas juga, bahwa gol itu tercipta berkat bantuan "Tangan Tuhan" alias, tangan kiri Maradona. Silakan simak lagi video-nya

10 Mei 2010

Cara Membuat Format Permalink Blogspot Agar Search Engine Friendly

BY Nunung Indrianto IN , 10 comments

Apakah permalink ideal itu? Di artikel SEO Tips Blogspot kali ini, saya akan mencoba berbagi seputar masalah Permalink Ideal. Permalink adalah singkatan dari Permanent Link. Maksudnya, permalink atau permanent link adalah alamat yang menunjukkan lokasi sebuah artikel didalam blog. Dengan mengetik sebuah permalink di browser, maka kita akan dibawa untuk membuka sebuah halaman artikel. Pada sisi search engine seperti google.com, permalink menciptakan sebuah link permanen yang akan terindex. Sedangkan dari sisi browser, sebuah permalink dapat membantu melakukan navigasi menuju artikel yang dimaksud? Dan untuk sisi user, permalink menyimpan informasi seputar isi artikel. Ini juga menjadi satu trik dalam penulisan Artikel Blog.

Permalink blog untuk Blogspot adalah berformat http://namadomain/tahun/bulan/namaartikel.html. Ini adalah format baku dan tetap yang telah diformat oleh Blogger.com. Nama domain bisa masih ikut blogspot atau sudah menjadi Custom Domain di Blogspot. Tapi sampai dengan detik ini saya belum menemukan informasi bagaimana cara customisasi permalink di blogspot. Tidak seperti di Wordpress, kita bisa dengan mudah mengganti permalink blog agar menjadi search engine friendly atau lebih mudah dikenali search engine, terutama google.com. Misalnya http://namadomain/namaartikel/ (Permalink ideal di Wordpress)

Di dalam teori SEO Untuk blogspot, seperti Anda semua mengetahuinya, ada jumlah maksimum karakter dari judul artikel yang akan diformat menjadi permalink. Beberapa master mengatakan jumlah karakter maksimal untuk nama artikel yang dijadikan sebagai permalink untuk blogspot adalah 30-40 karakter. Dan jika lebih dari itu, maka akan terpotong secara otomatis. Misalkan, kita memberi judul artikel ini menjadi :

Cara Membuat Format Permalink Blogspot Agar Search Engine Friendly
(Judul Panjang seperti ini pasti akan terpotong)

Bila kita publish, kemungkinan akan terpotong menjadi Cara Membuat Format Permalink saja sehingga kemungkinan akan menjadi :

Judul Artikel :  
Cara Membuat Format Permalink Blogspot Agar Search Engine Friendly

Permalink:   
http://www.nindrianto.com/2010/05/Cara-Membuat-Format-Permalink.html.
(hasil Permalink dari judul yang terpotong, kurang maksimal) 

Nah ini sebenarnya merugikan karena ada kata kunci yang hilang dari permalink tersebut. Yaitu Blogspot atau Search Engine. Padahal kita akan "menembak" keyword "Permalink untuk Blogspot" kan? Nah karena ada keyword yang hilang maka optimasi SEO kita akan berkurang, karena adanya informasi artikel pada permalink yang hilang. Akibat paling parah adalah artikel kita tidak bisa tampil di Google karena kalah bersaing bersaing dengan blog lain dan akhinya visitor blog berkurang.

Nah caranya gampang bagaimana mengatasi hal tersebut. Pertama Anda harus memberi judul terlebih dahulu dengan kata kunci yang akan ditarget. Misalkan untuk artikel ini, Permalink, Ideal, SEO, Blogspot dan friendly Search Engine. Namun kata kunci terakhir saya fikir tidak perlu karena sudah terwakili dengan SEO. Jadi kata kunci pentingnya adalah Permalink, Ideal, SEO dan Blogspot saja. Nah! Usahakan ke-4 kata kunci ini Anda tulis dulu di bagian judul artikel. Untuk Artikel ini saya tulis judul (awal) : 

SEO untuk Blogspot: Permalink Ideal
(Judul Awal, akan dijadikan sebagai bagian dari permalink)
Kemudian seperti biasa, Anda isi konten dll, kemudian edit sana-sini. Setelah siap, maka Publish. Maka jadilah artikel saya menjadi

http://www.nindrianto.com/2010/05/SEO-untuk-Blogspot-Permalink-Ideal.html
(Permalink artikel, mengambil dari judul awal, optimize dari kata kunci artikel)

Langkah berikutnya, Anda lihat, judul seperti itu (SEO untuk Blogspot: Permalink Ideal) apakah bagus? Tentu tidak kan? Karena seharusnya judulnya adalah :

Cara Membuat Format Permalink Blogspot Agar Search Engine Friendly
(Judul yang diharapkan lebih bisa mewakili isi artikel)

Nah...kalau Anda sudah publish artikel dan ingin menampilkan judul awal yang lebih menjelaskan isi artikel maka langkahnya adalah Anda cuman tinggal edit postingannya dan rubah judulnya menjadi yang versi panjang tersebut. Kemudian jika sudah oke dan yakin itu judulnya, maka Anda publish post lagi. Sekarang Anda akan lihat, judul artikel dengan permalink tidak sama kan? Namun kedua-keduanya tetap selaras dan yang terpenting Blog dari Blogspot Anda menjadi SEO Friendly. Silakan Anda simak lagi artikel ini :

Judul :  
Permalink:  
http://www.nindrianto.com/2010/05/SEO-untuk-Blogspot-Permalink-Ideal.html

Semoga bermanfaat....

09 Mei 2010

Prediksi Final Liga Champion 2010: Inter Milan bakal kalahkan Bayern Munchen

BY Nunung Indrianto IN 4 comments

Berbicara soal prediksi Final Liga Champion Eropa 2010, antara Inter Milan melawan Bayern Munchen, rupanya sangat gampang. Meskipun masih tanggal 22 Mei 2010 mendatang, namun dukungan kemenangan terhadap Inter Milan banyak bergulir. Dukungan ini maksudnya, banyak tokoh senior sepak bola yang menjagokan tim Nerrazura ini. Selain itu hampir semua fans bola dari Milanisti (supporter AC Milan) hingga Juventini (pendukung Juventus) yakin kemenangan akan jatuh ke Inter Milan. Hmm, gitu ya? Kok bisa ya? 

Jangan bicara soal dukungan sesama Italia dulu deh karena secara teknis dan di atas kertas, kata "bung Kus", Inter Milan memang punya kans membawa pulang tropi Piala Champion ini ke negeri Pizza untuk tahun ini. Tahun kemaren memang Barcelona yang membawa pulang gelar tertinggi sepak bola antar klup Eropa ini. Tetapi bagaimana dasarnya, kok Inter Milan bisa memiliki peluang lebih besar?

Alasan pertama datang dari Franco Baresi, mantan stopper timnas Italia dan AC Milan. Dia mengatakan bahwa secara pengalaman, pemain-pemain di Inter lebih matang di kancah Champion dan pernah merasakan atmosfer final Piala Champion. Sebut saja, Samuel Eto'o dan Lucio. Eto'o merasakan hawa panas final Champion saat memperkuat Barcelona tahun 2006 dan 2009 yang akhirnya dimenangkannya. Sedangkan Lucio pernah membawa Bayern Leverkusen mengatasi Liverpool di final Champion tahun 2001. Sedangkan dari pihak Bayern Munchen, belum ada satu pun pemain yang pernah merasakan atmosfer di partai pemuncak gelaran tertinggi klub sepak bola Eropa ini. Jadi secara mental, Baresi yakin Inter akan mengatasi Munchen. Walau, katanya, dia lebih memilih Barcelona untuk menang, seandainya Inter kalah waktu itu.

Dukungan kedua untuk Inter Milan datang dari Mancini. Dia sangat mendukung bekas tim yang dipimpinnya ini akan memenangkan pertandingan. Karena hampir 80% pemain Inter sekarang ini adalah anak asuhnya. Wah, lalu apa hubungannya ya? Hehe..entahlah, yang pasti, Mancini pasti mendukung Inter...ya deh. Akur aja bos.

Terakhir, untuk prediksi Final Liga Champion 2010 ini, adalah kentalnya aroma persaingan antara manajer senior dan yunior. Sudah tahu bukan, kalau Jose Mourinho dulu asisten manager si Louis Van Gaal saat memimpin Barcelona? Nah karena inilah, suasana panas lebih terasa. Lebih-lebih kemaren Van Gaal mengkritik Mourinho yang terlalu berekspresi merayakan kemenangan semifinal waktu lalu. Hmm, apa mungkin perang urat syaraf sudah dimulai? Kalau senior melawan junior, maka jangan sampai meremehkan si junior lo, karena di sinilah pembuktian itu akan terlihat!! Inter Milan avanti, Beat Monaco, Van Gaal una vergogna ....

07 Mei 2010

Teknik On Page SEO untuk Blogspot : Sebuah Pengantar

BY Nunung Indrianto IN 6 comments

On Page SEO untuk blogspot adalah teknik yang diterapkan untuk meningkatkan ranking SERP dari aspek optimasi elemen-elemen di dalam blog khususnya blogspot, seperti meta tag, html code dan sebagainya. Sebagai perbandingan jika ada On Page SEO berarti ada Off Page SEO. Off Page SEO berarti optimasi untuk blog yang dilakukan dari luar blog. Misalkan peningkatan backlink, submit artikel dan sebagainya.

Mungkin SEO untuk blog sudah sering Anda dengar, namun jarang yang memaparkan langkah SEO untuk blog yang bermesinkan blogger.com. Karena sebenarnya langkah SEO untuk blogspot agak ribet, tidak seperti di Wordpress yang banyak menggunakan plugin. Jika kita agak telaten untuk melakukannya maka besar kemungkinan rangking blog kita di SERP (Search Engine Result Page) akan semakin baik.

Manfaat menerapkan Teknik On Page SEO untuk blog, adalah dapat meningkatkan trafik ke blog kita. Kok bisa? Tentu saja, karena peringkat SERP kita, terutama kemungkinan muncul di halaman pertama Google akan meningkat. Maaf sebelumnya saya hanya blogger biasa, yang juga sedang belajar SEO. Cuma ini ada trik dari master yang juga saya terapkan di blog ini. Hasilnya saya merasakan ada peningkatan di statistik blog saya.

  • Submit (sitemap) blog kita ke Major Search Engine (Google, Yahoo dan MSN)
  • Optimasi Title Artikel
  • Gunakan Meta Keywords dan Meta Description untuk blog dan postingan
  • Optimasi keyword untuk Image (isi Alt tag dan title image)
  • Penggunaan target Keyword untuk setiap postingan
  • Optimasi Title dan Keyword dalam artikel/postingan
  • Optimasi Permalink
  • Gunakan HTML Heading Tags dalam Posts and Post Titles
  • Menambahkan Breadcrumb Navigation untuk postingan dalam blogspot
  • Teknik Penulisan Artikel

Artikel ini adalah pengantar saja, mudah-mudahan saya diberikan waktu dan kesempatan untuk menjelaskan semua langkah di atas. Jika Anda keburu nafsu untuk praktek teknik SEO untuk blogspot, blog-blog master berikut bisa jadi rujukan: www.bloggerbuster.com, bloggerplugins.org, blogknowhow.blogspot.com, kolom-tutorial.blogspot.com dan belajarblogspot.com. Sampai jumpa lagi di kelanjutan artikel ini...sukses untuk Anda.

Nexian NX-G381i : Fitur dan Harga

BY Nunung Indrianto IN 3 comments

Fitur Nexian NX-G381i hadir dengan beberapa fitur andalah handphone 2010, yaitu aplikasi fitur Internet. Di antaranya adalah Facebook, Twitter, Yahoo Messenger (YM) dan T-Flash. Harga yang dibrandol pihak Nexian yang bekerjasama dengan Telkomsel ini adalah Rp. 299.000.(belum PPN)

Dengan harga Nexian NX-G381i di atas,  handphone dengan QWERTY keypad ini memiliki fitur yang tidak kalah juga dengan handphone dengan Handphone Mirip Blackberry  yang lain. Sebut saja fitur seperti :

  • Dual GSM 900/1800 MHz
  • Color LCD Display
  • Handsfree Multi-Language
  • Chatting Application
  • Nexian Messenger
  • MP3 Player
  • FM Radio
  • GPR
  • Eksternal Memory support, dan
  • Garansi 1 Tahun

Nexian NX-G381i ini diluncurkan bertepatan dengan ulang tahun Telkomsel ke-15. Untuk ini, Telkomsel melengkapi Nexian NX-381i ini dengan paket bundling yaitu bonus Gratis 1.000 SMS dan paket internetan 2Mb gratis per bulan. Selamat ya Telkomsel, kamu memang makin dekat makin nyata....

02 Mei 2010

Nokia N8 Pesaing Sejati iPhone (?)

BY Nunung Indrianto IN , , No comments


Ini dia sang pesaing iPhone: Nokia N8 !
Setelah Motorola Droid yang didengung-dengunkan akan menyaingi iPhone, Perusahaan Multinasional Finlandia, Nokia mengumumkan peluncuran N8. Nokia N8 hampir dipastikan akan menjadi pesaing produk terpopuler Apple, apalagi kalau bukan iPhone?

Website Topdospods.com, sebuah blog gadget dan medical ini memaparkan, bahwa pada intinya, Nokia N8 akan menjadi mobilephone pertama yang menggunakan Symbian OpenSource. Selain itu, N8 juga akan dilengkapi kamera 12 Megapixel yang dapat merekam video High Definition atau HD Video. Apa itu saja? Belum bos, Nokia N8  yang bakal menjadi Pesaing iPhone ini juga direncanakan akan memiliki fitur multi-touch-screen dan kemampuan multitasking, yang banyak orang menilai menjadi faktor lemah dari iPhone. Isu yang beredar adalah, pihak Apple saat ini sedang getol-getolnya akan meluncurkan sistem operasi baru untuk iPhone, yaitu OS4. Tentu saja untuk mengatasi kelemahan multitasking tadi.

Para analist pasar teknologi gadget, seperti dipaparkan lagi oleh Topdospods.com, menilai, inilah saatnya Nokia akan mengambil alih kepercayaan publik. Selama ini pasat high end untuk mobile phones dimiliki oleh Nokia. Ini juga dimungkinan adanya sinyalemen pihak Google dan bahkan Apple akan melirik Open Source dari Symbian.

Nokia N8 sang pesaing iPhone ini akan dipasarkan bulan September mendatang. Apakah benar-benar menjadi harapan, iPhone terdesak dan digantikan Nokia N8? Kita tunggu saja.


Link Building Strategy : Menambah Backlink untuk Blog Kita

BY Nunung Indrianto IN 2 comments

Link building Strategy atau strategi membangun link untuk blog kita adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Blog. Di pandang dari sudut SEO atau Search Engine Optimization, Link Building hampir menjadi sebuah hal yang wajib. Karena semakin tinggi Link Popularity kita, konon akan meningkat ranking kita di search engines terutama kemungkinan tampil di halaman pertama Google Pencarian untuk keyword tertentu yang diharapkan. 

Begitu pentingnya peranan Link Building, hingga banyak orang berbisnis khusus untuk menjual jasa Link Building. Yang paling terkenal adalah Backlinks.com dan Text Link Ads. Kenapa orang harus rela membayar jasa Link Building itu? Jawabannya tentu jelas, karena dengan membeli jasa Link Building maka dia tidak akan bersusah payah lagi untuk menambah link popularity untuk blognya, karena broker penjual jasa Link Building tadi sudah membantunya menyebarkan link blognya ke blog-blog orang lain. Tentunya semuanya dengan syarat tertentu. Misalkan Anda harus membayar sekian dollar agar link Anda bisa dipasang di blog ber PR 3 atau PR 4 dst. Pertanyaannya sekarang, apakah membentuk Link Building sangatlah sulit, sehingga orang harus membayar? 

Teori Link Building sebenarnya simple. Intinya bagaimana caranya agar Link Blog Anda, misalkan http://namadomain.com dengan anchor text tertentu, misalkan : info gadget, bisa dipasang di blog orang lain. Cara yang paling mudah adalah 1) Bertular Link atau 2) Komentar di artikel orang lain yang memiliki topik sama. Cara lainnya adalah: 
  1. Sebar signature pada e-mail dan bergabunglah di mailing-list atau group email. Anda bisa gabung di google-group atau yahoo-group. Kemudian postinglah sesuatu di sana. Cari member grup yang aktif dan memiliki grup ribuan.
  2. Sebar signature di Forum. Misalkan saja Forum Digital Point, atau Adsense-Id Forum. Karena umumnya status link pada forum bersifat dofollow. Maka ini menjadi keuntungan tersendiri. Namun untuk member baru biasanya tidak bisa langsung menyertakan signature. Biasanya ada syarat-syarat tertentu yang harus dilewati misalkan umur status member, atau jumlah minimal postingan di forum.
Ilustrasi Link Gratis dari Forum




Lumayan kan, backlink gratis..dofollow pula...:). Sering-sering saja bikin thread atau postingan dan berkomentar di postingan member forum lainnya.


3. Cara lain lagi adalah membangun link building sendiri. Biasanya ini dilakukan oleh para master. Hmmm, apakah ini sebuah rahasia? hehe, ndak juga sih. Cuman kalo blogger pemula seperti saya, tidak akan sanggup melakukannya. Maksudnya begini, membangun link building sendiri, artinya kita harus memiliki network atau jaringan blog sendiri dan pastinya bukan jaringan 1, 2 atau 3 blog saja, tetapi puluhan bahkan ratusan blog.  Anda harus meng-update semua blog-blog Anda. Namun keuntungannya adalah, link building yang dibangun bisa lebih mudah dan terkontrol.

Catatan, hasil-hasil bisik-bisik dari para master, sebuah link dikatakan berkualitas, jika link-link tersebut berasal dari no Ip Address yang berbeda atau bahkan dari IP Address yang berbeda negara. Artinya, jika link popularity kita berjumlah ratusan, namun hanya dari blog-blog dari blogspot.com atau wordpress.com maka ini jauh lebih tidak berarti dibanding belasan link popularity namun datang dari blog-blog yang berbeda dari Amerika, China, India hingga Brazil atau Portugal. Apalagi datang dari blog ber Page Rank lebih tinggi. Nah, karena ini berasal dari bisik-bisik para master, ada baiknya kita harus mencari sumber lain sebagai pembanding. Maaaf ya kalo tips ini keliru, soalnya saya bukan master, cuman saya rajin mendengar bisik-bisik para master blog..hihi...Sukses untuk Anda, sobat blogger Indonesia!

Sponsor: Daftar Blog Do Follow ayo berburu backlink
Jika Anda memiliki pagerank tinggi, MANFAATKAN DENGAN MENJUAL LINK DI TLA

It's Me !