07 Januari 2016

Membandingkan tagline iklan Aqua Danone dan Kopi Kapal Api

BY Nunung Indrianto IN , , 13 comments

Kopi Kapal Api Jelas Lebih Enak
Image : twitter.com/kapalapi_id

Saya teringat obrolan di grup WA dengan teman-teman SMA saya beberapa waktu lalu. Di grup itu ada beberapa teman yang sama-sama sangat perhatian dengan kopi. Minuman kopi maksud saya. Perhatian dalam artian ada ketertarikan membahas, sama-sama coffee addict, dan ada yang memang bekerja di sebuah pabrik minuman kopi terpopuler di negeri ini. Mungkin ya, terpopuler. Tapi yang pasti saya jamin kita sudah tau betul nama produk kopi instan ini. Iya, kopi Kapal Api ... (Hai Lani, apa kabar? Hehe)

Topik waktu itu adalah mengenai visi dan misi sebuah usaha bisnis. Ah saya memang tidak pernah sekolah bisnis atau management atau advertising. Tapi jujur saja saya sangat suka dan tertantang untuk membahas soal marketing atau periklanan ini. Kalau boleh cerita sedikit, karena ketertarikan saya inilah, dari awal karir dan bisnis, saya terjun di dunia kreatif marketing, desain grafis hingga digital marketing, yang...sebenarnya sangat tidak nyambung dengan jurusan kuliah saya. Wekawekaweka..... Ya meskipun saat ini saya ditakdirkan di dunia IT lagi, it's a life...kita manusia hanya bisa berusaha, tapi Tuhan jualah yang menentukan. Bukan begitu? Bukan ya. :D

Cukup soal cerita saya. Saya tertarik membahas tagline iklan antara Kopi Kapal Api dan Aqua (Danone). Kenapa, karena saya melihat dua produk ini sama-sama menjadi produk utama dalam masyarakat, bisa dikatakan keduanya adalah market leader. Yang satu pemimpin pasar untuk minuman kopi instan kemasan sachet dan satunya lagi market leader untuk air mineral kemasan. Kapal Api dan Aqua ini produk yang hampir bisa kita jumpai di toko eceran, warung hingga supermarket di berbagai pelosok penjuru tanah air lah, bisa dikatakan begitu. 

Ada apa dengan tagline iklan Kapal Api dan Aqua? Sebentar, saya buka dulu kamus wikipedia tentang tagline itu apa sih.

A tagline (alternatively spelled tag line[1][2]) is a short text which serves to clarify a thought for or is designed with a form of, dramatic effect. Many tagline slogans are reiterated phrases associated with an individual, social group, or product. As a variant of a branding slogan, taglines can be used in marketing materials and advertising.

Nah, itu dia apa itu tagline. Intinya menurut definisi di atas, sebuah tagline kalimat singkat yang mencerminkan sesuatu benda atau product atau seseorang yang bisa menimbulkan sebuah efek yang dramatis pada yang membacanya atau melihatnya. Tagline yang digunakan dalam iklan sebagai salah satu tool promosi di dunia marketing dilakukan biasanya agar calon konsumen menjadi lebih aware atau tau atau kenal sehingga menjadi tertarik dan pada akhirnya menjadi pelanggan. Jika dalam ilmu komunikasi, mungkin, tagline ibarat ciri-ciri yang bisa mudah untuk diingat lawan komunikasinya. Karena produk tidak bisa ngomong, maka dia harus punya kalimat tertulis yang mencirikan dirinya agar 'kita-kita' kenal, kemudian suka dan lama-lama cinta. Jadian lah. Hehehehe.... 
Dan menurut saya memang sebuah tagline iklan yang sukses adalah yang benar-benar bisa menggiring menjadi sebuah emotional branding, ada ketersambungan antara produk dengan 'mind' (emotional) konsumennya.

Jadi, oke... saya mulai dengan Kopi Kapal Api, selanjutnya saya sebut saja Kapal Api saja ya. Kapal Api dengan tagline 'Jelas Lebih Enak', saya kira semua orang sudah hafal dengan nada jingle iklannya. Kalimat dalam jingle iklan Kapal Api yang menyatakan 'Jelas Lebih Enak' itu sudah sukses membuat orang hafal bahwa kopi kapal api yang memang jelas enak. Dan memang kopi ini memiliki kelebihan tertentu dalam aroma dan mungkin rasa untu para pecintanya. 'Jelas Lebih Enak'-nya kopi Kapal Api ini benar-benar sangat dramatis. Coba saja disimak kalimatnya yangseakan-akan menyindir bagi siapa saja yang tidak suka dengan kopi ini. Kenapa tidak minum kopi Kapal Api? Kan 'Jelas Lebih Enak'? Sangat dramatis, bukan? Jadi saya akan menggarisbawahi bahwa tagline iklan kopi Kapal Api ini memang sangat dramatis. Namun, saya melihat pada satu point of view yang lain. Yaitu, tagline Kapal Api juga sangat egosentris. Wah! Tunggu dulu.

Sebentar, mari kita bergeser ke produk Aqua. Tagline iklan dari produk air mineral kemasan ini adalah yang saya tahu ada beberapa Tapi saya mencermati dua tagline Aqua yaitu 'SEMUA BERAWAL DARI KITA' dan 'Kebaikan Alam Kebaikan Hidup'.

Dua tagline Aqua ini menurut saya terlalu serius bahkan kurang dramatis, tidak se-dramatis Kopi Kapal Api. Iya kan. Kesannya datar-datar saja. Saya mengcopas tulisan sebuah blog asiararinggaariandaw.wordpress.com dulu :
Tagline Aqua “Kebaikan Alam Kebaikan Hidup” memberikan gambaran tentang betapa sangat selektifnya AQUA untuk mendapatkan sumber air terbaik karena kami ingin selalu menyajikan yang terbaik dari alam untuk kebaikan hidup dalam setiap tetes AQUA. (https://asiararinggaariandaw.wordpress.com/buntut-iklan-aqua-kebaikan-alam-kebaikan-hidup/)
Semua berawal dari kita - Aqua
Image of sekedarinfo.com
Aqua terlalu serius ya? Kembali pada teori definisi Tagline, Aqua tidak mempunyai efek dramatis pada tagline iklan-nya. Tim kreatif Aqua mungkin menerjemahkan dari visi produk Aqua yang memang akan meng-edukasi masyarakat akan pentingnya air bersih untuk kesehatan untuk kehidupan. Dari segi efek, Aqua kalah dramatis dengan Kapal Api, meskipun sama-sama sukses dalam pemasaran dan faktanya keduanya memang pemimpin pasar pada ceruk yang berbeda. 

Ada perbedaan lain yang saya lihat. Aqua memiliki sisi unik dari tagline-taglinenya, yaitu dia melibatkan konsumen. Aqua seolah-olah bukan barang mati, tetapi sesuatu yang hidup, dan dia terlihat seperti mengulurkan tangan menggandeng kita semua, 'yuk minum Aqua, biar hidup kita sehat''. Aqua meng-orang-kan kita dan dirinya sendiri.

Begini, inilah yang akan saya bandingkan antara kopi Kapal Api dengan Aqua. Kopi Kapal Api memiliki tagline iklan yang dramatis, karena dia sangat egosentris. Kapal Api ingin orang melihat dirinya terlebih dulu. Ke-aku-an Kapal Api di sini terlihat jelas. Dalam perspektif saya, produk ini tidak melibatkan sisi konsumen dalam tagline iklannya. Kita para penikmat kopi kapal api seolah-olah cuman disuruh (passive) untuk menerima bahwa Kopi Kapal Api memang 'Jelas Lebih Enak'. Efek dramatis, dan brainstorming tagline, jika boleh saya katakan. Dan mungkin kedramatisan dan egosentrisme 'Jelas Lebih Enak' yang begini inilah yang membuat kopi Kapal Api menjadi pemimpin pasar. Yang pasti begitulah faktanya.

13 komentar:

  1. Ada iklan dari aqua yang saya rasa juga cukup dramatis, sensasional. Yaitu......ada aqua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas/mbak Anonim, iya bener itu lumayan dramatis. Hehe. Tp Kapal api mungkin harus belajar dari Aqua :))

      Hapus
  2. Mau dramatis, mau egosentris kalo menurut hemat saya yang penting adalah apakah tagline itu efektif. Efektif terhadap branding, juga terhadap selling :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehm....ini sih lebih ke self defence. Hehehe....pis cik....piiiissss....

      Hapus
  3. Gmana kalo minum kopi airnya pake aqua....sik tak pikir lagi

    BalasHapus
  4. Mungkin segmennya beda ya.....aqua jelas utk keluarga...."jelas lebih enak" hanya buat yg biasa ngangkring

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada yang minum darah ya? colek miaw :D

      Hapus
  5. Sy GAK tertarik dg judulnya, tapi isinya yg sedikit curcol. Kita manusia hanya bisa berusaha tapi Tuhan jualah yang menentukan.... maksudnya apa??????

    BalasHapus
  6. wahhhh serius bangett bahasnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hussst! serius lah.....tapi santai..;) oi bang Barid cepetan beresin project 5 M nya. Apakabar juga bisnis konsultasi si mbah? :D

      Hapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !