28 Oktober 2016

Harblognas : Lebih Sekedar Romantika Masa Lalu

BY Nunung Indrianto IN , , 2 comments

Senang rasanya pemerintah mencanangkan secara resmi adanya Hari Blogger Nasional ini. Kenapa? Gimana ya, gini saja deh. Kemarin nih, saya kenalan online dengan seseorang lewat sosmed. Obrolan biasa saja sih, tetapi ketika sampai pada pembicaraan soal pekerjaan, lawan bicara saya menyatakan dia ingin usaha di rumah, karena dia seorang wanita, tetapi agak susah karena tidak tahu caranya dan juga modal yang minim. Serta merta saya sarankan, jika memang ada keinginan untuk berbisnis dari rumah, kenapa tidak bisnis online saja. Ya bisnis online adalah salah satu aktivitas bisnis yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Dan yang pasti juga bisnis online kan sudah menjamur saat ini, sudah bukan hal asing dan masyarakat pun sebagai marketnya sudah memahami. Bisnis online? Apa hubungannya dengan Blog? Nah, begini.

Sehubungan dengan Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober kemarin ini, saya berfikir, kenapa tidak dicanangkan juga bahwa Blogging adalah salah satu terobosan bagi masyarakat untuk berwirausaha. Saya sudah lama bicara soal ini, ketika waktu jadi pengisi acara di Workshop Blogging di salah satu komunitas blogger di Jember, kota kelahiran saya, 4-5 tahun yang lalu. Bahwa aktivitas blogging bisa menjadi salah satu cara untuk dijadikan ajang penghasilan. Tentang hal ini tentu sudah banyak buktinya. Memang sempat terjadi kondisi pasang surut, dimana bisnis online sempat mengalami penurunan trend, termasuk saya akhirnya memutar haluan jadi pekerja kantoran. Meskipun pada prinsipnya, tidak bisa dipungkiri, blog adalah jalan pembuka sebagai lahan bisnis. Dari tahun 2006 saya sudah bikin blog, dan berbisnis online lewat blog dari tahun 2009 hingga 2014. Dari bisnis adsense, paid review hingga dropshipper saya jalani lewat blog itu. Saya jadi ingat tulisan tentang perjalanan blog Maseko Sakazawa hingga sosmed dan akhirnya blog lagi. Hehe...

Lantas bagaimana bisa dari Blog menjadi pintu awal jalan menuju bisnis online? Simple saja. Blog itu ibarat toko atau warung kita, jika kita bicara bisnis di dunia nyata. Bisa juga blog kita ibarakan sebagai ajang kongkow-kongkow online (kayak pos ronda gitu deh) di awalnya. Ketika banyak orang betah di blog kita itu, kita bisa mengarahkan blog itu menjadi warung yang menawarkan produk-produk yang kira-kira dibutuhkan pengunjung blog kita. Ibarat tempat nongkrong, yang sudah ramai dijadikan ajang santai teman-teman kita, di sana akan banyak informasi yang hilir mudik. Ada yang nanya barang ini, ada yang nawarin barang itu, ada yang mengajak bisnis bareng dan lain sebagainya. Itu semua terjadi di tempat nongkrong kita. Lalu akhirnya kita sebagai penghuni tetap pos tersebut, kita pun bisa menyediakan kebutuhan dari pengunjung pos itu. Dalam hal ini blog, maka sebelum menginjak ke bisnis online nya, cobalah bikin blog dulu. Tulis tentang apa saja. Dari kegiatan sehari-hari di kantor, di rumah, di mana saja. Berita-berita hangat itu juga bagus. Cari pengunjung sebanyak-banyaknya, jadikan blog kita menjadi ajang teman-teman kongkow. Setelah itu, perlahan-perlahan akan ada informasi yang tersaring, kira-kira prospek apa saja yang bisa dijual lewat blog.

Blog itu ibarat toko atau warung kita, jika kita bicara bisnis di dunia nyata. Bisa juga blog kita ibarakan sebagai ajang kongkow-kongkow online (kayak pos ronda gitu deh) di awalnya. Ketika banyak orang betah di blog kita itu, kita bisa mengarahkan blog itu menjadi warung yang menawarkan produk-produk yang kira-kira dibutuhkan pengunjung blog kita

Sosial Media
Jaman sekarang pun sudah umum, orang memiliki akun sosial media. Baik itu Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram, Path, Pinterest dan lain sebagainya. Bagi saya, rugi banget lah jika akun-akun itu hanya dijadikan ajang cuap-cuap update status, upload foto dan saling koment. Memang sih ada sisi silaturahmi yang positif tentunya. Akan tetapi kembali pada permisalan di atas tentang pos ronda, maka jika hanya ada ngobrol-ngobrol saja, kenapa tidak dijadikan sesuatu yang lebih positif.

Sosial media dengan blogging akhirnya bisa menjadi sinergi positif. Di sosial media, seperti Facebook dan Twitter, kita bisa share artikel terbaru di blog kita. Di Instagram dan Path atau Pinterest bisa kita posting gambar-gambar terbaru yang berkaitan dengan artikel blog kita. Sebaliknya di blog kita bisa dicantumin akun Sosmed kita. Ada banyak cara untuk mengenalkan blog lewat sosial media dan sebaliknya.

Setelah semua aktivitas dunia maya itu saling bersinergi, maka pasti akan ada jalan untuk berbisnis. Coba saja. Pastinya nih, jika sebuah blog atau website sudah ramai pengunjung, akan banyak iklan yang ingin tampil. Dan itu saja adalah peluang. Nah, jawaban kepada teman yang masih bingung untuk memulai bisnis, Hari Blogger Nasional ini adalah jawabannya. Semangat untuk mengawali bisnis dari Blog, dan jangan terlena dengan romantika masa lalu. Jika blog kita rawat, kita optimasi dengan baik maka akan jadi ajang kongkow pengunjung, blog kita bakalan ramai. Setelah itu, ya terserah Anda.... 
Selamat Hari Blogger Nasional, Jayalah Negeriku, Sejahtera Rakyatnya. :)

2 komentar:

  1. Thx kang... Btw namanya Sakazawa, bukan Kanazawa... ;) Asal kata Saka (soko) Zawa (Jowo)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, salah ya. Sip udah tak betulin, maap2. btw, jadi kanazawa siapa ya huehuheuhe

      Hapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !